sign up SIGN UP

LIFE

Wisuda Online Memang Bikin Keki, Tapi Ternyata Ada Hikmahnya Juga

Izzul Millati Umami | Selasa, 15 Sep 2020 07:30 WIB
Wisuda Online Memang Bikin Keki, Tapi Ternyata Ada Hikmahnya Juga
wisuda online/Sumber:pixabay.com
Jakarta -

Hampir semua mahasiswa yang lulusnya saat masih pandemi covid-19 seperti ini harus rela untuk tidak diwisuda seperti wisuda-wisuda pada umumnya. Wisuda mahasiswa sekarang ini kebanyakan hanya dilaksanakan secara online. Hal ini tentu agak tidak mudah diterima, mengingat belajar bertahun-tahun di kuliah rasanya sudah sewajarnya dibayar dengan adanya prosesi wisuda.

Memang kondisi ini tidak menyenangkan dan berat bagi sebagian kamu yang sudah menanti-nanti wisuda sejak lama. Meskipun begitu, kamu tetap harus bisa mencari hikmahnya. Berikut adalah beberapa hikmah yang bisa kamu terima sebagai mahasiswa yang berwisuda online.


Tidak Harus Berangkat Pagi

Berangkat Pagi
Berangkat Pagi/Sumber:pixabay.com

Kalau saat ini salah satu di antara banyaknya para calon wisudawan yang harus rela wisuda online, kamu mungkin sedih tidak bisa diwisuda di gedung besar seperti harapanmu. Namun ada sesuatu yang bisa tetap kamu syukuri, kamu tidak perlu repot-repot datang pagi-pagi seperti halnya ketika harus wisuda di gedung. 

Hemat Biaya

Hemat Biaya
Hemat Biaya/Sumber:pixabay.com

Hikmah lainnya yang dapat kamu ambil adalah lebih hemat biaya. Kalau kamu wisuda secara langsung, sudah pasti kamu harus membayar uang sewa gedung dan biaya beli atau sewa kebaya dan jas serta printilan-printilan lainnya  yang menguras biaya. Dengan mengikuti wisuda online, artinya kamu juga menghemat biaya keperluanmu yang sudah disebutkan tadi.

Lebih Santai

Lebih Santai
Lebih Santai/Sumber:pixabay.com

Kamu tentu paham bagaimana hebohnya mempersiapkan wisuda. Kamu harus memulai hari dengan bangun pagi-pagi buta untuk menyiapkan segala sesuatunya. Berbeda dengan wisuda online yang mana kamu akan merasa jauh lebih santai karena kamu hanya perlu bersiap-siap stand by di depan laptop tanpa banyak melakukan persiapan yang ribet. Kamu bahkan boleh tidak mandi!

Pengalaman Baru

Hikmah terakhir yang bisa kamu terima adalah menjadikan wisuda online ini sebagai pengalaman baru yang nantinya bisa kamu ceritakan ke anak cucu bahwa kamu pernah memiliki pengalaman baru yang unik, yaitu wisuda online. Pengalaman baru ini tentu akan jarang dimiliki oleh orang lain yang tidak pernah merasakan rasanya berwisuda secara online.

Ladies, keadaan memang suatu hal yang susah untuk diterima. Namun, bukan berarti kita harus denial, ya! Mengikhlaskan suatu hal adalah salah satu komponen penting agar hati jadi semakin bahagia, lho!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id