sign up SIGN UP

LIFE

Y.O.U Gelar Acara You Deserve Better, Semarakkan Hari Kartini dengan Memberdayakan Perempuan

Dian Aprilia | Selasa, 27 Apr 2021 10:00 WIB
Y.O.U Gelar Acara You Deserve Better, Semarakkan Hari Kartini dengan Memberdayakan Perempuan
caption

Dalam rangka merayakan Hari Kartini, Y.O.U, brand kecantikan Indonesia yang menawarkan produk skincare hingga kosmetik, menggelar kegiatan CSR Inspiratif secara virtual pada 24 April 2021. Acara ini bertajuk “You Deserve Better” yang memiliki makna mendalam bahwa setiap perempuan Indonesia berhak mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya.  

Dalam acara ini, Y.O.U bekerja sama dengan Komunitas Perempuan Berkisah yang dikenal sebagai media pemberdayaan, katalisator perubahan dan ruang aman bagi para perempuan Indonesia. Selain dihadiri oleh Dickson Leo sebagai Brand Director Y.O.U, turut hadir pula Alimah Fauzan selaku founder Perempuan Berkisah, dan psikolog profesional Nirmala Ika Kusumaningrum, M.Psi.

You Deserve Better menyajikan rangkaian kegiatan yang sangat inspiratif, menarik dan juga menyenangkan. Diawali dengan diskusi pembicara mengenai fenomena kekerasan fisik dan verbal terhadap wanita, sesi konseling peserta dengan psikolog, dan diakhiri dengan workshop menghias pouch secara kreatif.

Dickson Leo Brand Director Y.O.U
Dickson Leo Brand Director Y.O.U/Dokumentasi Y.O.U

“Sebagai brand yang menjunjung tinggi filosofi empowering, advanced, & trendy, kami terus berkomitmen untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada para anggota Perempuan Berkisah dan perempuan di seluruh Indonesia dimana masa kini, perempuan memiliki kesetaraan yang sama dan banyak figur-figur penting merupakan perempuan," ujar Dickson Leo, Brand Director Y.O.U.

Leo berharap dengan menyediakan wadah untuk healing dan workshop menghias pouch ini bisa memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari dan produktivitas individu. Ia juga percaya jika kolaborasi dengan Komunitas Perempuan Berkisah yang memiliki anggota di seluruh Indonesia akan membantu dalam hal penyampaian visi Y.O.U dalam mendukung women empowerment.

Rangkaian acara You Deserve Better dimulai dengan pembahasan fenomena kekerasan fisik dan verbal pada perempuan. Meski pandemi Covid-19 tengah melanda Indonesia dan membatasi pertemuan fisik, nyatanya fenomena kekerasan pada wanita masih banyak ditemukan.

Salah satunya dari media sosial, seperti komentar negatif, unggahan yang diskriminatif, pemberian stigma dan berbagai bentuk lainnya. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui, menyadari, dan menyikapi hal-hal tersebut dengan benar agar perempuan Indonesia tetap tangguh, sehat fisik dan mental, serta merasa berharga.

Peserta yang berdiskusi langsung dengan psikolog Nirmala Ika Kusumaningrum, M.Psi
Peserta yang berdiskusi langsung dengan psikolog Nirmala Ika Kusumaningrum, M.Psi./Dokumentasi Y.O.U

“Emosi yang dirasakan oleh setiap perempuan berbeda. Oleh karena itu, penting sekali untuk setiap anggota komunitas dapat saling sharing dan berkonsultasi berdasarkan background dan fenomena yang dialami masing-masing sehingga terbentuknya empati, saling mendukung, dan saling menghargai,” ujar Nirmala Ika.

Tak hanya itu, beberapa peserta juga menyampaikan pertanyaan dan curhatan pada psikolog, Nirmala Ika mengenai keresahan dan masalah yang dihadapinya. Acara ditutup dengan workshop mengkreasikan pouch kanvas dengan beragam bahan seperti benang, pita, bunga, mutiara untuk menjadi dekorasi yang indah.

Foto virtual bersama peserta dengan hasil dari Workshop menghias pouch.
Foto virtual bersama peserta dengan hasil dari Workshop menghias pouch/Dokumentasi Y.O.U

Sebanyak 50 peserta yang hadir dalam acara tersebut tak hanya mendapatkan insight positif dan motivasi saja, melainkan juga berkesempatan untuk menyampaikan unek-unek pada psikolog dan memiliki skill baru yang bisa menunjang ekonominya.

Founder Perempuan Berkisah, Alimah Fauzan S.Ikom
Founder Perempuan Berkisah, Alimah Fauzan S.Ikom/Dokumentasi Y.O.U

“Kami berterima kasih atas inisiatif Y.O.U dalam membantu kami untuk memberikan motivasi dan self-aware kepada para anggota kami dan seluruh perempuan di Indonesia. Perempuan tidak butuh bantuan yang memanjakan tetapi butuh dukungan yang memberdayakan dalam berbagai aspek kehidupan. Kegiatan ini setidaknya mampu menjawab yang mereka butuhkan. Kami berharap ini menjadi awal yang baik dalam kolaborasi yang menguatkan dan memberdayakan perempuan,” ungkap Alimah.

Acara You Deserve Better diharapkan bisa menjadi pelecut bagi setiap perempuan Indonesia untuk menyadari bahwa diri mereka berharga dan mendorongnya untuk selalu berjuang mencapai hal yang terbaik dalam hidup.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id