sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

8 Gangguan Mental yang Paling Umum Terjadi Pada Anak-Anak

Rumaysha Milhania | Rabu, 02 Sep 2020 22:00 WIB
8 Gangguan Mental yang Paling Umum Terjadi Pada Anak-Anak
caption
Jakarta -

Tahukah kamu jika sekitar 20% anak-anak pernah menderita penyakit mental yang dapat didiagnosis setidaknya sekali dalam hidupnya. Selain itu, anak-anak yang memiliki penyakit mental ini mengalami gangguan mental yang lebih serius dan secara signifikan mengganggu kehidupan sehari-hari mereka saat tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk itu, sangat penting bagi para orangtua untuk bisa mengantisipasi adanya risiko gangguan mental pada anak-anak sejak dini. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis penyakit mental yang paling umum terjadi pada anak-anak.

Tahukah kamu jika sekitar 20% anak-anak pernah menderita penyakit mental yang dapat didiagnosis setidaknya sekali dalam hidupnya.
Gangguan Mental Anak/ Sumber: Freepik.com
  1. Gangguan kecemasan: Anak-anak dengan gangguan kecemasan biasanya merespons hal-hal atau situasi tertentu dengan rasa takut dan takut. Biasanya, ini juga diikuti dengan tanda-tanda fisik dari kecemasan (gugup), seperti detak jantung yang cepat dan berkeringat.
  2. Gangguan perilaku yang mengganggu: Anak-anak dengan gangguan ini cenderung kerap menentang aturan dan sering kali mengganggu saat berada lingkungan yang terstruktur, seperti sekolah.
  3. Gangguan makan: Gangguan makan melibatkan emosi dan sikap yang menghindari saat makan. Ini juga ditandai dengan perilaku yang tidak biasa di waktu makan dan mengalami masalah terkait berat badan.
  4. Gangguan eliminasi: Gangguan ini memengaruhi perilaku yang berkaitan dengan pembuangan kotoran tubuh (feses dan urin).
  5. Gangguan afektif (suasana hati): Gangguan ini dapat berupa depresi, yaitu gangguan yang melibatkan perasaan sedih yang terus-menerus dan/atau suasana hati yang berubah dengan cepat.
  6. Skizofrenia: Anak-anak juga dapat mengalami skizofrenia, yaitu gangguan serius yang melibatkan persepsi dan pikiran yang menyimpang.
  7. Tic Disorders: Gangguan ini menyebabkan seorang anak melakukan gerakan dan suara berulang, tiba-tiba, tidak disengaja dan seringkali tidak berarti.
  8. ADHD (attention deficit hyperactivity disorder): Anak-anak dengan gangguan ini tampak hiperaktif dan kerap mengalami kesulitan dalam mengendalikan impuls mereka. Selain itu, anak-anak dengan ADHD biasanya sangat sulit untuk bisa fokus dan berkonsentrasi. ADHD adalah gangguan mental yang paling sering didiagnosis pada anak-anak.
ADHD adalah gangguan mental yang paling sering didiagnosis pada anak-anak.
ADHD Pada Balita/ Sumber: Freepik.com

Beberapa penyakit mental ini, seperti gangguan kecemasan, gangguan makan, gangguan mood, dan skizofrenia, dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, seperti misalnya gangguan perilaku dan perkembangan, gangguan eliminasi, dan gangguan belajar dan komunikasi, biasanya akan dimulai sejak masa kanak-kanak. Namun, jika dibiarkan ini dapat berlanjut hingga dewasa. 

Beberapa penyakit mental ini, seperti gangguan kecemasan, gangguan makan, gangguan mood, dan skizofrenia, dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.
Depresi pada Anak/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa gangguan mental yang harus diantisipasi oleh semua orangtua. Jika kamu mendapati adanya masalah dalam tumbuh kembang anak, segera konsultasikan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id