sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Apakah Orangtua Kembar Akan Memiliki Anak Kembar?

Rumaysha Milhania | Jumat, 19 Mar 2021 13:30 WIB
Apakah Orangtua Kembar Akan Memiliki Anak Kembar?
caption

Jika kamu atau pasanganmu berasal dari keluarga yang memiliki anak kembar, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana hal itu memengaruhi kemungkinan kamu akan memiliki anak kembar. Pada dasarnya, inilah yang perlu kamu ketahui tentang science di balik keturunan dan anak kembar.

Jika kamu atau pasanganmu berasal dari keluarga yang memiliki anak kembar, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana hal itu memengaruhi kemungkinan kamu akan memiliki anak kembar.
Kehamilan kembar/ Sumber: Freepik.com

Apakah anak kembar diturunkan dalam keluarga?

Berdasarkan penelitian, faktor keturunan di pihak ibu meningkatkan peluang pasangan untuk mengandung anak kembar fraternal. Kembar fraternal adalah dua bayi dari dua telur yang dilepaskan dari ovarium secara bersamaan.

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa memiliki saudara kembar fraternal dalam keluarga dekat ibu dapat melipatgandakan kemungkinan hamil kembar fraternal. Itu karena gen tertentu membuat beberapa wanita mengalami "hiperovulasi," atau melepaskan lebih dari satu sel telur selama setiap siklus menstruasi.

Wanita dengan gen ini tampaknya memiliki tingkat hormon tertentu yang lebih tinggi secara alami, termasuk yang terkait dengan regulasi pelepasan sel telur.

Namun, faktor keturunan dari pihak ayah relatif tidak meningkatkan peluang pasangan untuk memiliki anak kembar. Pasalnya, laki-laki, tentu saja, tidak berovulasi. Sehingga, meskipun mereka mewarisi gen hiperovulasi dari orang tua mereka, itu tidak meningkatkan peluang mereka untuk mengandung anak kembar.

Wanita dengan gen ini tampaknya memiliki tingkat hormon tertentu yang lebih tinggi secara alami, termasuk yang terkait dengan regulasi pelepasan sel telur.
Kelahiran Kembar/ Sumber: Freepik.com

Bagaimana dengan kembar identik, atau dua bayi yang memiliki kumpulan gen identik karena mereka berasal dari satu embrio yang telah dibuahi yang terbelah menjadi dua? Para ahli mengatakan bahwa kembar identik tampaknya terjadi secara spontan. Dan tidak ada bukti yang memberikan validasi bahwa orangtua kembar identik akan memiliki anak yang kembar identik juga. 

Meskipun terdapat faktor genetik, persalinan anak kembar juga dimungkinkan terjadi akibat beberapa faktor, seperti: 

  • kehamilan di atas usia 35 tahun
  • kegemukan
  • menjalani prosedur perawatan kesuburan
  • memiliki tinggi lebih tinggi dari rata-rata
  • kehamilan kedua atau ketiga
  • mengalami kehamilan kembar sebelumnya
Meskipun terdapat faktor genetik, persalinan anak kembar juga dimungkinkan terjadi akibat beberapa faktor.
Faktor Kelahiran Kembar/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu tahu tentang kemungkinan anak kembar. Terdapat banyak sekali faktor yang mempengaruhi kehamilan anak kembar. Namun, jika kamu benar-benar mendambakan anak kembar, kamu masih bisa mengupayakannya dengan berkonsultasi pada dokter.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id