sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Cara Menyiapkan Persalinan di Rumah Saat Masa Pandemi

Rumaysha Milhania | Sabtu, 25 Apr 2020 06:00 WIB
Cara Menyiapkan Persalinan di Rumah Saat Masa Pandemi
caption
Pandemi corona virus membuatmu ingin menjalani persalinan di rumah? Simak ulasan tentang bagaimana cara menyiapkan persalinan di rumah berikut ini!

Menjalani kehamilan di masa pandemi seperti ini tidak bisa dipungkiri sangat berpengaruh pada kondisi ibu. Kekhawatiran atas risiko tertular COVID-19 seperti membayang-bayangi para calon ibu ini. Bagaimana tidak, rutinitas ke rumah sakit untuk memeriksakan kandungan juga menjadi hal yang menyeramkan. Apalagi saat mendekati hari perkiraan lahir di mana bayi yang masih rentan harus terpapar dengan dunia luar yang sedang mengalami pandemi.

Lalu, bagaimana dengan solusi melakukan persalinan di rumah? Bagaimana cara melakukan persalinan di rumah? Simak ulasannya berikut ini.

Home birth sebenarnya sudah cukup populer belakangan ini. Beberapa selebriti bahkan melakukan persalinan di rumah karena dianggap memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk memberikan kenyamanan bagi ibu dalam menjalani proses persalinan yang panjang dan melelahkan. Tentu ini tidak dilakukan sendiri, melainkan didampingi pula oleh bidan. 


Foto: https://www.cnn.com/


Melansir dari CNN, ada beberapa alasan yang membuat wanita cenderung memilih untuk melahirkan di rumah, mulai dari kontrol atas lingkungan mereka hingga kenyamanan dan keterlibatan keluarga dalam proses persalinan. Apalagi di masa pandemi ini, banyak wanita mulai berpikir untuk melakukan persalinan di rumah demi memastikan si kecil berada dalam tempat yang aman dan bersih dari virus. 
 



Meskipun kenyataannya hasil penelitian tidak menemukan adanya masalah serius dari wanita hamil yang terinfeksi COVID-19, beberapa dari mereka tetap khawatir dengan kondisi yang masih krisis seperti sekarang. Apalagi jika harus mempertimbangkan kondisi bayi yang baru lahir dan risikonya jika harus terpapar virus.
 



Foto: https://www.babygaga.com/


Apabila kamu tertarik untuk melakukan persalinan di rumah, ada beberapa hal penting yang harus kamu lakukan, antara lain:

        
  1. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan kandungan dan janin. Beberapa kehamilan berisiko sangat tidak disarankan untuk melakukan persalinan di rumah.
  2.     
  3. Siapkan ruangan khusus untuk menjadi tempat bersalin. Jangan lupa pula untuk membersihkan rumah dan menyiapkan ruangan senyaman mungkin dengan sirkulasi yang baik.
  4.     
  5. Pilih bidan pendamping persalinan yang memang berpengalaman dalam mendampingi persalinan di rumah. Carilah rekomendasi bidan yang memang sudah memiliki pengalaman. 
  6.     
  7. Buat rencana untuk situasi darurat. Ingatlah, bagaimana pun persalinan di rumah akan berlangsung dengan risiko-risikonya. Pahami bagaimana risiko ini berpengaruh pada ibu dan bayi. Siapkan nomor telepon penting jika terjadi kondisi-kondisi darurat.
  8.     
  9. Pastikan agar semua orang berada dalam kondisi steril dan mengenakan masker, khususnya mereka yang membantu proses persalinan.


Itulah beberapa hal penting dan tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalani persalinan di rumah. Hal yang terpenting, pastikan jika kondisi kesehatan kandungan dan janin memang baik untuk bisa menjalani proses persalinan di rumah. Jangan memaksakan diri jika memang ada kondisi khusus yang tidak memungkinkan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id