sign up SIGN UP

Ibu Baru Wajib Tahu Nih! Ini 6 Kegiatan Seru yang bikin Hubungan Ayah dan Anak Tambah Dekat dan Kompak

Ratih Dewi | Jumat, 12 Nov 2021 15:00 WIB
Ibu Baru Wajib Tahu Nih! Ini 6 Kegiatan Seru yang bikin Hubungan Ayah dan Anak Tambah Dekat dan Kompak
Foto : Aktivitas Seru untuk Ayah dan Anak/pexels.com/Josh Willink

Hubungan ayah dan anak akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan karakter si anak. Sayangnya, tidak semua anak memiliki hubungan yang akrab atau erat dengan ayah, tidak seperti hubungan anak dan ibu. 

Beberapa anak mungkin takut atau canggung ketika melakukan aktivitas bersama dengan ayah karena karakter ayah yang cenderung tegas di mata anak. Nah, buat Beauties yang sudah jadi moms yang merasa kurangnya hubungan anak dengan si ayah, sebaiknya bicarakan dengan suami agar untuk tidak 'terkesan memberi jarak' dengan anak agar lebih bisa terlihat jadi sosok ayah yang tegas.

Tetapi mengasuh anak bersama, menjadi teman bagi si kecil, tentu akan sangat baik bagi perkembangan mereka. Berikut aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama terutama saat hari libur yang membuat ayah dan anak menjadi kompak. 

1. Belajar Memasak

Belajar Memasak
Belajar Memasak/Foto : pexels.com/Daisy Anderson

Mengajarkan anak memasak bisa membantu anak berpikir lebih kreatif dan meningkatkan daya ingat anak dengan bahan-bahan masakan yang diperlukan. Selain itu, ayah dan anak juga lebih kompak selama proses memasak dan menjadi lebih menyenangkan. 

Pilihlah resep masakan yang mudah dibuat atau tidak membutuhkan banyak bahan, tapi tetap membuat anak puas dengan hasil masakan yang dibuat bersama ayahnya. Jangan lupa untuk memberikan edukasi seperti berhati-hati menggunakan alat-alat di dapur dan kenalkan dengan bahan makanan yang sehat untuk tubuh.

2. Membersihkan Rumah 

Membersihkan Rumah
Membersihkan Rumah/Foto : pexels.com/cottonbro

Melansir dari laman No Guilt Life, ajak anak untuk membersihkan sepeda dan ajari bagaimana menjaga barang tetap bersih dan awet. Kalau ayah butuh bantuan membersihkan mobil atau motor, bisa ajak anak untuk membantu, ya. Membersihkan rumah bisa menjadi salah satu aktivitas yang melelahkan ya, moms.

Tapi, jika dilakukan bersama-sama bisa menjadi menyenangkan dan cepat selesai. Beri tugas kepada ayah dan anak-anak untuk membersihkan rumah secara bertahap, mulai dari kamar tidur anak, ruang keluarga, sampai ke halaman rumah. 

3. Berlibur atau Berkemah

Berlibur atau Berkemah
Berlibur atau Berkemah/Foto : pexels.com/Kampus Production

Melansir dari laman All Pro Dad, ajak anak untuk berlibur yang tidak harus mewah selama satu malam dan buat ikatan dekat dengan anak. Jika di masa pandemi covid-19 ini berlibur terlalu berisiko, bisa ajak untuk berkemah di halaman belakang rumah. 

Beri pertanyaan yang membuat anak berbicara dan mengutarakan perasaannya untuk saling memahami hubungan ayah dan anak. Ajukan pertanyaan seperti hal apa yang sedang disukai atau hal yang ingin dilakukan anak bersama dengan ayah. 

4. Berbelanja Kebutuhan Rumah

Berbelanja Kebutuhan Rumah
Berbelanja Kebutuhan Rumah/Foto : instagram.com/ Gustavo Fring

Nah moms, sesekali nikmati waktu untuk me time walaupun di rumah saja. Beri tugas kepada anak dan ayah untuk berbelanja kebutuhan rumah di supermarket. Beri daftar belanjaan yang harus dibeli atau buat seperti permainan tebak barang yang harus dibeli. 

Aktivitas ini membutuhkan kekompakan antara ayah dan anak untuk menemukan barang yang harus dibeli dan di mana letak barang tersebut. Jangan lupa beri hadiah atau rewards saat mereka berhasil menyelesaikan misi berbelanja kebutuhan rumah. 

5. Olahraga atau Bermain di Luar Ruangan

Olahraga atau Bermain di luar Ruangan
Olahraga atau Bermain di luar Ruangan/Foto : pexels.com/Ron Lach

Melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti olahraga adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Melansir dari laman Father Mag, mengajak anak untuk rutin berolahraga tidak hanya membuat tubuh sehat, namun mempererat hubungan ayah dan anak. 

Tidak hanya berolahraga, ajak anak untuk bermain seperti bermain bola basket, bulu tangkis, atau olahraga yang disukainya untuk melatih kekompakan dan rasa solidaritas. 

6. Mengunjungi Tempat yang Menyenangkan 

Mengunjungi Tempat yang Menyenangkan
Mengunjungi Tempat yang Menyenangkan/Foto : pexels.com/pixabay

Mengunjungi museum, perpustakaan umum, taman bermain, kebun binatang, atau lainnya bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dilakukan saat weekend. Demikian seperti yang dilansir dari laman Daily Mom. 

Selain itu, berjalan-jalan keliling kota, bermain di pantai, atau eksplor tempat yang baru juga bisa menjadi aktivitas baru yang dilakukan ayah dan anak. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan ke anak bersama dengan ayahnya dan akan selalu diingat saat tumbuh dewasa. 

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id