sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ingin Tetap Puasa Saat Hamil? Simak Tips Puasa Saat Hamil Berikut Ini

Rumaysha Milhania | Kamis, 22 Apr 2021 07:00 WIB
Ingin Tetap Puasa Saat Hamil? Simak Tips Puasa Saat Hamil Berikut Ini
caption

Kita semua tahu bahwa kondisi wanita hamil akan sangat berbeda dari satu orang ke yang lain. Sebagian dari mereka mungkin kesulitan untuk berpuasa penuh di bulan Ramadan. Namun, ada banyak wanita hamil yang bisa berpuasa dengan aman.

Jika kamu ingin berpuasa saat hamil, kamu harus tahu betul hal-hal penting agar nutrisi selama kehamilan penunjang kesehatan ibu dan bayi tetap terpenuhi dengan baik.
Puasa saat hamil/ Sumber: Freepik.com

Jika kamu ingin berpuasa saat hamil, kamu harus tahu betul hal-hal penting agar nutrisi selama kehamilan penunjang kesehatan ibu dan bayi tetap terpenuhi dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil yang berpuasa untuk mengetahui cara berpuasa yang aman berikut ini.

  • Hindari asupan stimulan seperti kopi, teh, dan minuman bersoda untuk mengurangi asupan kafein. Asupan kafein ini berisiko menyebabkan dehidrasi yang sangat berbahaya bagi ibu hamil.
  • Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Perhatikan asupan protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral yang cukup saat sahur dan berbuka.
Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Perhatikan asupan protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral yang cukup saat sahur dan berbuka.
Makanan untuk ibu hamil/ Sumber: Freepik.com
  • Minumlah air dalam jumlah yang cukup, antara delapan hingga dua belas gelas per hari untuk menghindari dehidrasi.
  • Mulailah buka puasa dengan segelas susu dan beberapa butir kurma. Kemudian, lanjutkan dengan berbagai makanan yang kaya gizi dan nutrisi.
  • Makan camilan sehat sebelum tidur atau sekitar satu jam setelah shalat Tarawih. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan atau buah-buahan. Makanlah setidaknya dua hingga tiga porsi buah segar setiap hari. Kamu bisa membaginya saat sahur, berbuka, atau sebelum tidur
  • Perhatikan asupan karbohidrat agar tidak berlebihan pati dan hindari asupan makanan dengan kandungan lemak jenuh.
  • Makan protein seperti daging, ayam, ikan, telur dan keju. Asupan protein ini sangat penting untuk energi dan kebutuhan tumbuh kembang janin dala kandungan.
  • Ibu hamil tidak boleh melewatkan sahur. Perbanyak asupan karbohidrat kompleks dan protein. Kamu juga harus mengonsumsi cukup banyak air saat sahur.
  • Jauhi makanan berlemak dan kentang goreng untuk menghindari sembelit dan penambahan berat badan yang berlebihan
  • Lakukan beberapa jenis aktivitas fisik selama setengah jam sehari. Rekomendasi untuk melakukannya adalah sebelum berbuka atau saat ngabuburit.
Jauhi makanan berlemak dan kentang goreng untuk menghindari sembelit dan penambahan berat badan yang berlebihan
Ibu hamil/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk bisa tetap sehat selama berpuasa di bulan Ramadan. Ingatlah bahwa wanita hamil yang mengalami komplikasi kehamilan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk berpuasa. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan arahan yang terbaik untuk kesehatan ibu dan bayi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id