sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Langkah Tepat Membiasakan Anak Tidur Sendiri

Rumaysha Milhania | Rabu, 27 May 2020 17:00 WIB
Langkah Tepat Membiasakan Anak Tidur Sendiri
caption
Si kecil sulit untuk tidur sendiri di kamarnya? Yuk, simak tips membiasakan anak untuk tidur sendiri berikut ini!

Saat anak beranjak besar, Mommy harus mulai bisa membiasakannya untuk tidur di kamarnya sendiri. Hal ini penting untuk membangun pemahaman tentang pentingnya ruang privat bagi orangtua dan anak itu sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Mommy lakukan untuk mulai membiasakan anak untuk tidur sendiri di kamarnya. Yuk, intip!

1. Komunikasikan dengan Baik

Jelaskan pada anak bahwa ini sudah waktunya ia untuk bisa mandiri dengan tidur di kamarnya sendiri. Ia mungkin akan sangat sedih karena merasa takut dan tidak aman. Namun, yakinkanlah ia bahwa Mommy tidak jauh dan akan selalu mendengar jika ada sesuatu. Jika anak terbangun karena takut, Mommy bisa membawanya lagi ke kamar untuk menemaninya hingga terlelap di kamarnya sendiri.


Foto: https://www.parenting.com/


2. Perlahan dan Konsisten

Mulailah membiasakan anak tidur di kamarnya sendiri dengan perlahan. Mommy bisa menemaninya di malam-malam pertama. Lalu meninggalkannya sendiri saat ia sudah nyenyak. Jika si kecil terbangun, tenangkan ia dan bawa kembali ke kamarnya hingga ia bisa tertidur nyenyak kembali. Lakukan ini perlahan dan konsisten. Dijamin anakmu akan terbiasa dengan suasana kamarnya lebih cepat.
 



3. Siapkan Kamarnya Senyaman Mungkin

Jangan lupa untuk menyiapkan kamar anak berada dalam suasana yang nyaman. Ajaklah si kecil untuk menghias dan mendekorasi kamarnya sendiri. Kamu bisa memintanya untuk memilih warna dinding kamar, motif sprei, menata boneka atau mainan favoritnya hingga ia benar-benar merasa ruangan itu adalah kamarnya sendiri.
 



Foto: https://goodnights.rest/


4. Biasakan Anak Bermain di Kamarnya pada Siang Hari

Mommy juga bisa membiasakan si kecil untuk bermain di kamarnya pada siang hari untuk membuat ia lebih familiar dengan ruangan itu. Ajak juga ia untuk tidur siang bersama di kamarnya sehingga ia menjadi lebih nyaman dan bisa tidur nyenyak di tempat tidurnya sendiri.
 



Nah, itulah beberapa tips untuk bisa membiasakan anak tidur di kamarnya sendiri. Ingat, konsisten dan persisten adalah kunci untuk bisa melatih anak mencapai tahapan baru dalam kehidupannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa Mommy coba praktikkan sendiri di rumah. 


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id