sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Mengatasi Anak yang Terlanjur Kecanduan Gagdet

Rumaysha Milhania | Minggu, 28 Jun 2020 14:00 WIB
Mengatasi Anak yang Terlanjur Kecanduan Gagdet
caption
Jakarta -

Tidak bisa dipungkiri, kehidupan masyarakat di era digital membuat para orangtua harus memiliki keterampilan dan ilmu tersendiri dalam mengajarkan dan memperkenalkan gadget pada anak. Jika tidak, penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat berisiko tinggi menyebabkan anak menjadi kecanduan gadget. Hal ini dapat berdampak sangat serius terhadap perkembangan perilaku, kehidupan sosial, dan kemampuan kognitif anak ke depannya.

Namun, apabila si kecil sudah terlanjur kecanduan gadget, bukan berarti kamu sudah terlambat untuk mendampinginya mendapatkan arahan dalam mengakses gadget dan teknologi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi anak yang terlanjur kecanduan gadget.

Menonton bersama dapat menjadi alternatif untuk aktivitas seru anak-anak.
Menonton Bersama Anak/ Sumber: Pexels.com

Lebih Banyak Meluangkan Waktu dengan Anak

Anak-anak menjadi sibuk dengan gadget karena para orangtua cenderung lebih sibuk dengan kegiatan lain dibandingkan dengan bermain dan beraktivitas dengan mereka. Jadi, untuk bisa mengatasi masalah kecanduan gadget pada anak, perbanyaklah waktu untuk dihabiskan dengan mereka. Ajak mereka untuk bermain board games atau membaca buku bersama.


Perbanyak Kegiatan di Luar Rumah

Anak-anak yang sering berdiam diri di rumah akan mencari alternatif kegiatan yang tidak membosankan. Tentu gadget akan menjadi jawabannya. Untuk itu, ajaklah anak untuk melakukan aktivitas fisik di luar rumah. Pergi hiking atau mengajak anak untuk jalan pagi di akhir pekan bisa membuatnya mendapatkan pilihan kegiatan yang lebih menarik.

Memberikan contoh untuk penggunaan gadget dapat membantu mengurangi risiko kecanduan gadget pada anak.
Ibu dan Anak/ Sumber: Pexels.com

Berikan Contoh dengan Tidak Menghabiskan Banyak Waktu dengan Smartphone

Ingatlah bahwa anak-anak adalah peniru yang paling ulung. Mereka akan menconto apa-apa yang sering dilakukan oleh orangtuanya. Jadi, pastikan kamu tidak memberikan contoh buruk dengan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar smartphone. Sebagai gantinya kamu bisa mengajaknya untuk memasak atau berkebun bersama-sama.

Ajak Bicara

Jika anak benar-benar sudah tidak bisa lepas dari gadgetnya, ajaklah ia bicara. Mungkin ini akan menyebabkan drama di mana mereka akan ngambek karena tidak diizinkan lagi bermain gadget, tetapi percayalah bahwa cara ini dapat memberikan perubahan yang lebih signifikan jika dilakukan. Jelaskan pada anak apa-apa saja dampak yang bisa terjadi jika mereka terlalu sering bermain gadget. Tekankan juga bahwa yang kamu lakukan bukanlah melarangnya menggunakan gadget, melainkan membatasi.

Mengajak si kecil bermain gadget bersama dapat melatih untuk bisa menggunakan gadget dengan lebih bijaksana.
Bermain Gadget Bersama/ Sumber: Pexels.com

Terapkan Aturan yang Jelas

Terakhir, buatlah aturan yang jelas untuk anak. Pastikan anak-anak paham tentang kapan dan berapa lama ia boleh mengakses gadgetnya. Ia juga harus tahu batasan penggunaan gadget, seperti untuk apa ia bermain dan aplikasi apa saja yang boleh ia gunakan. Pastikan juga mereka tidak memegang gadgetnya sendiri. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id