sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Orang Tua Bertengkar, Apa yang Harus Dilakukan?

Verticallya Yuri S.E Pratiwi | Sabtu, 27 Mar 2021 14:15 WIB
Orang Tua Bertengkar, Apa yang Harus Dilakukan?
caption
Jakarta -

Pertengkaran bagi siapapun selalu jadi hal yang tidak mengenakan. Tak ada yang mau bertengkar atau melihat pertengkaran. Apalagi antar keluarga yang kerap kali membuat suasana rumah jadi tidak enak.

Terutama, bagi seorang anak ketika melihat orang tuanya bertengkar. Suasana hati jadi buruk, rumah jadi terasa tidak nyaman dan lebih parahnya lagi, jadi ikut emosi dan bahkan ikut dalam pertengkaran. Membuat masalah bukannya terselesaikan tetapi malah semakin runyam.

Kalau kamu bingung bagaimana menghadapi orang tuamu yang tengah bertengkar, kamu mungkin bisa melakukan hal ini!

Jangan Memihak

Pasangan ayah dan anak
Seorang ayah dengan puterinya/Photo by unsplash.com/@jkakaroto

Sekelas apapun kamu dengan salah satu dari orang tuamu, jangan memihak. Jika mereka ingin kamu mendengarkan keluhan mereka, dengarkan saja. Namun jangan memihak atau menjelek-jelekan satu dengan yang lain. Tanggapi saja seadanya, karena percaya lah, mereka hanya ingin didengarkan.

Hindari Area Pertengkaran

Pasangan
pasangan yang tengah bertengkar/Photo by unsplash.com/@mathildelangevin

Melihat Pertengkaran, tentu bukan hal yang diinginkan banyak orang. Untuk itu, kamu tidak melihatnya. Kamu lebih baik pergi keluar rumah jalan-jalan, pergi bersama teman, atau ke rumah nenek dan kakekmu lebih dulu. Jika tak memiliki tempat yang dituju, kamu bisa pergi ke mini market dan jajan di sana. Jika tak suka keramaian, kamu bisa pergi ke taman yang sepi seorang diri. Itu lebih baik dibanding kamu ikut mendengarkan pertengkaran orang tuamu.

Lakukan Hobi atau Hal yang Kamu Sukai

Olahraga
seorang perempuan tengah melakukan hobinya berolahraga/Photo by unsplash.com/@chrisjoelcampbell

Alihkan perhatianmu kepada hal lain. Jangan menyengajakan diri malah melihat pertengkaran orang tuamu yang berakhir akan membuatmu stress. Lebih baik pergi dan lakukan hobimu, lakukan apapun yang kamu sukai. Mendengarkan setiap teriakan mereka atau ikut berteriak bersama mereka dalam pertengkaran, tidak akan membuatmu lebih baik. Jadi, lebih baik kamu melakukan apa yang kamu sukai.

Kendalikan Emosimu Sendiri

Menenangkan diri
seorang pria tengah menenangkan diri/Photo by unsplash.com/@tjump

Ketika melihat orang tua bertengkar, seringkali anak akan ikut emosi bahkan ikut dalam pertengkaran. Tapi sebenarnya, hal itu hanya akan menjadi nihil. Karena orang tuamu akan tetap bertengkar dengan ikut atau tidaknya kamu dalam pertengkaran. Jadi untuk apa buang-buang tenaga? Jika kamu dimintai pendapat oleh mereka, berikan saja, namun jangan sampai kamu jadi emosi sendiri. Kendalikan dirimu agar tetap tenang dan rasional, karena jika terlalu emosional kamu bisa saja melakukan hal yang akan kamu sesali di kemudian hari.

Karena hal ini menyangkut keluarga, yang tak hanya akan kamu temui saat itu saja namun juga sampai nanti, jadi alangkah baiknya kamu berhati-hati dan kendalikan diri.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id