sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Orang Tua Wajib Tahu! Begini Tips Menyiapkan Anak Kembali Sekolah di Masa Pandemi Covid 19!

Mei Nurul Hidayah | Selasa, 16 Jun 2020 21:00 WIB
Orang Tua Wajib Tahu! Begini Tips Menyiapkan Anak Kembali Sekolah di Masa Pandemi Covid 19!
caption

Pandemi virus corona atau Covid 19 memang mengancam kehidupan semua orang di dunia. Hal ini juga berakibat fatal pada dunia pendidikan. Adanya kebijakan “New Normal” di masa pandemi virus corona atau Covid 19 ini memang cukup mengkhawatirkan jika anak-anak sekolah harus kembali masuk ke sekolah. Jika memang suastu saat anak-anak harus masuk ke sekolah dengan kondisi lingkungan yang masih diselimuti wabah virus corona ini,  apakah orang tua sudah menyiapkan anak saat kembali sekolah di masa pandemi seperti ini? Berikut tips jitu Menyiapkan Mental dan Fisik Anak yang wajib diketahui orang tua!

 

Memberikan Gambaran Tentang Lingkungan Baru

Adanya pandemi virus corona ini tentu akan sulit dipastikan kapan berakhirnya. Oleh sebab itu, pemerintah pun memberlakukan kebijakan “New Normal” untuk memulai transisi di kehidupan dengan lingkungan yang baru. Maka, orang tua pun harus memahamkan kepada anak terhadap keadaan lingkungan saat ini. Di masa ajaran baru ini anak pun akan memasuki lingkungan sekolah yang baru, misalnya dari SD ke SMP,  dari SMP ke SMA atau jenjang lainnya. Pengetahuan terhadap lingkungan baru ini akan menjadi bekal bagi anak untuk mengetahui lingkungan barunya.


image
menulis di papan tulis/freepik.com

Memahamkan Kepada Anak Tentang Bahaya Virus Corona atau Covid 19

Virus corona atau Covid 19 memang sudah menjadi hal yang sering kita dengar dan kita saksikan di lingkungan sekitar kita. Mewabahnya virus corona ini tentu akan membawa dampak bagi kehidupan anak, apalagi saat akan memasuki tahun ajaran baru. Nah, sebelum anak memasuki tahun ajaran baru dengan lingkungan baru, maka sudah sewajarnya orang tua memberikan pengertian kepada anak terkait dengan bahaya virus corona. Pemahaman yang baik tentu tidak akan membuat anak takut, tetapi lebih waspada dengan lingkungan yang baru. Orang tua bisa memberikan edukasi kepada anak tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan jika masuk tahun ajaran baru di masa pandemi virus corona.

image
menuju masa transisi/freepik.com

Memahamkan Kepada Anak Tentang Protokol Kesehatan di Sekolah

Untuk memasuki keadaan “New Normal” ini, tentu semua orang harus dapat beradaptasi untuk menuju masa transisi. Adaptasi ini pun memang sudah seharusnya diketahui oleh semua orang, termasuk anak. Jika tahun ajaran baru berada pada masa pandemi seperti ini, tentunya orang tua harus memahamkan bagaimana protokol kesehatan yang ada di sekolah. Nah, protokol kesehatan yang harus ditaati saat di sekolah adalah:

  • Memakai masker kain
  • Membawa hand sanitizer di saku seragam agar tidak terlupa
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun yang disediakan di lingkungan sekolah
  • Berjaga jarak dengan teman saat di sekolah
  • Membawa bekal atau jajan sendiri dari rumah agar lebih higienis
  • Menghindari bersalaman dengan semua warga sekolah
  • Menghindari kontak kepada orang di lingkungan sekolah yang terlihat sakit
  • Menghindari berbagi makanan dan minuman dengan teman
  • Taat dengan aturan yang diberlakukan di lingkungan sekolah
image
rajin mencuci tangan/freepik.com

Melatih Anak untuk Lebih Disiplin

Selama masa pandemi, anak-anak memang diberikan kelonggaran dalam hal pendidikan sehingga mereka harus belajar di rumah dan jarak jauh dengan gurunya. Terlalu lama belajar di rumah akan membuat anak cukup sulit beradaptasi di sekolah jika tahun ajaran baru sudah tiba. Anak-anak pun harus membiasakan diri untuk lebih menata ulang kehidupannya menjadi lebih disiplin saat sekolah. Hal ini menjadi tugas orang tua untuk membekali anaknya agar lebih disiplin dan anak-anak tidak merasa canggung untuk memasuki lingkungan barunya. Disiplin yang dilakukan bisa dimulai dari tidur tidak terlalu larut malam, bangun pagi, sarapan pagi, menyiapkan keperluan sekolah, dan lainnya.

 

Mengajarkan Cara Bersosialisasi di Lingkungan Baru

Memasuki tahun ajaran baru, tentunya anak akan memasuki lingkungan yang baru pula. Nah, untuk memasuki lingkungan baru ini anak pun akan bertemu dengan orang-orang baru. Untuk mengenalkan dengan orang baru, anak harus tahu bagaimana cara yang baik untuk bersosialisasi dengan orang-orang yang baru dikenalinya. Maka, sebelum memasuki tahun ajaran baru, orang tua pun bisa memberikan edukasi kepada anak untuk dapat mengolah emosi saat besosialisasi dengan orang baru di lingkungan baru.

image
kelas kosong/freepik.com

Mengendalikan Kecemasan Berlebih

Saat harus melepaskan anak untuk memauki dunia pendidikan yag baru, tentu ada rasa bahagia dari orang tua. Akan tetapi hal ini juga tak luput dari rasa cemas dalam diri orang tua sang anak. Nah, sebagai orang tua kita memang wajar jika cemas atau khawatir kepada anak saat memasuki lingkungan yang baru. Akan tetapi, kecemasan yang berlebihan akan membuat oang tua menjadi lebih overprotective kepada sang anak. Anak pun akan merasa tidak nyaman jika harus berada dalam pengawasan ketat sang orang tua.

Jika orang tua sudah memberikan edukasi yang cukup tentang bagaimana cara menghadapi lingkungan baru di masa pandemi ini, setelahnya cukup percayakan semua yang sudah diajarkan kepada sang anak. Dengan demikian, orang tua pun tidak akan stress dan sang anak pun akan mengenali lingkungan barunya dengan belajar dari pengalaman dan lingkungan sekitarnya.

image
mendampingi anak belajar/freepik.com

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id