sign up SIGN UP

Pasca Melahirkan, Kembalikan Kulit Sehatmu dengan 6 Langkah Sederhana Ini yuk!

Ade Irma Suryani | Selasa, 26 Oct 2021 23:00 WIB
Pasca Melahirkan, Kembalikan Kulit Sehatmu dengan 6 Langkah Sederhana Ini yuk!
Tips Perawatan Kulit Pasca Melahirkan/Foto: Pexels.com/Jonathan Borba

Selama masa kehamilan hingga setelah melahirkan, biasanya sebagian besar perempuan akan mengalami beberapa masalah kulit. Hal ini sendiri dapat terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh dan akan hilang seiring waktu. 

Namun, bagi seorang perempuan tentu hal tersebut sangat mengganggu. Nah, bagi kamu yang baru saja selesai melahirkan, di sela-sela mengurus bayi, sempatkan waktu untuk menjaga penampilanmu dengan tetap merawat kulit seperti 6 langkah berikut ini. Caranya mudah saja kok, simak selengkapnya di sini yuk, Beauties!

1. Rajin Membersihkan Wajah

Rajinlah membersihkan wajah setelah melahirkan guna mengatasi masalah kulit seperti jerawat.
Membersihkan Wajah/ Foto: pexels.com/Ron Lach 

Tidak hanya saat hamil saja, perubahan hormon yang terjadi setelah melahirkan juga bisa membuatmu mengalami masalah kulit, seperti munculnya jerawat akibat produksi sebum yang meningkat. Karena itu, penting bagimu untuk tetap rajin membersihkan wajah secara rutin.

Bersihkan muka dengan pembersih wajah dua kali sehari, yakni pagi hari dan malam sebelum tidur. Gunakan pembersih wajah yang sesuai jenis kulitmu. 

2. Pakai Pelembap dengan Rutin

Pakai pelembap untuk mengatasi kulit kering pasca melahirkan.
Memakai Pelembap/ Foto: pexels.com 

Perubahan hormon yang terjadi pasca melahirkan dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan karena menyusui dan kurang tidur. Untuk mengatasi masalah ini, tentu kamu perlu rajin mengoleskan pelembap agar kulit tetap kenyal. 

3. Gunakan Sunscreen

Lindungi kulit dengan tetap memakai sunscreen.
Pakai Sunscreen/ Foto: pexels.com/Moose Photos 

Perubahan hormon selama hamil atau paparan sinar matahari dapat menimbulkan melasma pada kulit. Melasma ini sendiri ditandai dengan bercak-bercak coklat atau abu-abu pada wajah.

Biasanya melasma ini akan hilang setelah melahirkan. Untuk membantu mengatasi masalah ini, usahakan untuk menghindari sengatan matahari. Karena itu, kamu juga perlu menggunakan sunscreen saat akan bepergian dan juga saat di rumah sekalipun. 

4. Eksfoliasi Kulit

Lakukan eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel kulit mati.
Lakukan Eksfoliasi/ Foto: pexels.com/Polina Kovaleva 

Pasca melahirkan, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit bersih kembali kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit seminggu sekali dengan rutin. Gosok kulit termasuk pada area yang terlihat gelap dengan menggunakan scrub butiran lembut.

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Pasca melahirkan, minum air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit.
Rajin Minum Air putih/ Foto: pexels.com/Daria Shevtsova 

Salah satu perawatan kulit dari dalam setelah melahirkan ialah dengan rajin mengonsumsi air putih. Hal ini tentu saja penting, agar kulit tidak kering dan tetap terhidrasi dengan baik. Oleh sebab itu, selain untuk meningkatkan produksi asi, minumlah air putih yang cukup agar cairan tubuh tetap terjaga, sehingga kulit juga menjadi lembap dan kenyal. 

6. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Konsumsi makanan yang bergizi agar kulit sehat.
Pilih Makanan yang Bergizi/ Foto: pexels.com/Trang Doan 

Setelah melahirkan, kamu memang perlu mengonsumsi berbagai makanan bergizi untuk kandungan ASI. Perbanyaklah mengonsumsi sayuran hijau dan juga buah-buahan. Tak hanya untuk meningkatkan produksi ASI, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga akan membuat kulitmu terlihat lebih sehat dan merona. 

Nah, itulah beberapa langkah sederhana dalam merawat kulit pasca melahirkan. Selain itu, di tengah kesibukan mengurus bayi, kamu juga perlu mengambil waktu untuk tidur cukup dan berusaha untuk menghindari stres ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id