sign up SIGN UP

Sehat dan Menyegarkan, Ini Manfaat Besar Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Ade Irma Suryani | Selasa, 12 Oct 2021 06:15 WIB
Sehat dan Menyegarkan, Ini Manfaat Besar Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin
Foto: Manfaat Besar Air Kelapa untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin/Pexels.com/Thunyarat Klaiklang

Siapa pun tentu sudah tidak asing lagi, selain menyegarkan, air kelapa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal tersebut tak lain dikarenakan air kelapa mengandung berbagai nutrisi penting.

Nah, karena itulah air kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Berikut manfaatnya, Beauties!

1. Baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Air kelapa dapat bermanfaat dalam mencegah infeksi saluran kemih yang terjadi pada ibu hamil.
Baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Janin/ Foto: pexels.com/freestocks.org 

Untuk kesehatan janin, tentu ibu hamil perlu mengonsumsi berbagai makanan yang bernutrisi. Nah, di samping itu, ibu hamil juga dapat menjadikan air kelapa sebagai nutrisi pendukung. Pasalnya, air kelapa mengandung beberapa nutrisi penting seperti kalsium yang turut membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan janin. 

2. Pengganti Elektrolit yang Hilang

Air kelapa dapat menggantikan elektrolit yang hilang pada ibu hamil.
Pengganti Elektrolit yang Hilang/ Foto: pexels.com/Amina Filkins 

Sebagian besar ibu hamil biasanya akan mengalami morning sickness di masa awal-awal kehamilan. Gejala mual dan muntah tersebut tentunya dapat membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan.

Hal ini tentu saja membuat ibu hamil jadi kekurangan elektrolit. Karena itu, air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ibu hamil. Hal ini lantaran air kelapa kaya akan elektrolit, sehingga dapat menggantikan elektrolit yang hilang. 

3. Menjaga Berat Badan 

Air kelapa dapat membantu menjaga berat badan selama hamil.
Menjaga Berat Badan/ Foto: pexels.com/SHVETS production 

Bagi ilmu hamil yang khawatir akan kenaikan berat badan yang terlalu berlebih selama hamil, air kelapa dapat menjadi solusinya. Pasalnya, air kelapa diketahui mengandung sedikit kalori dan bebas lemak. Tentunya akan dapat membantu mengontrol berat badan ya, Beauties!

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Meningkatkan Kekebalan Tubuh/ Foto: pexels.com/Jonathan Borba 

Saat hamil, biasanya sistem kekebalan tubuh ibu hamil akan cenderung menurun. Tentunya hal ini akan membuat ibu hamil lebih rentan mengalami sakit. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa meminum air kelapa. Air kepala sendiri diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lantaran kandungan antioksidan di dalamnya.

5. Meredakan Masalah Pencernaan

Air kelapa dapat membantu meredakan masalah pencernaan pada ibu hamil.
Meredakan Masalah Pencernaan/ Foto: pexels.com/Lisa 

Adanya perubahan hormon selama hamil, juga bisa membuat ibu hamil mengalami masalah gangguan pencernaan, seperti halnya sembelit. Untuk membantu mengatasi hal ini, ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung serat. 

Nah, itulah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil dan juga untuk janin dalam kandungan. Meski begitu, konsumsilah air kelapa dengan tidak berlebihan dan hindari menambah perasa ke dalam air kelapa. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id