sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Berhubungan Badan Sebelum Jadwal Menstruasi, Apakah Bisa Hamil?

Rumaysha Milhania | Rabu, 03 Jun 2020 02:00 WIB
Berhubungan Badan Sebelum Jadwal Menstruasi, Apakah Bisa Hamil?
caption
Jakarta -

Bagi kamu yang sedang berusaha untuk mendapatkan momongan atau mungkin ingin menghindari kehamilan karena sedang memberikan jarak pada kelahiran, sangat penting untuk memahami jadwal masa subur. Mungkin ini akan terlihat sulit, tetapi sebenarnya sangat mudah untuk mengetahui kapan kehamilan dapat terjadi dengan kemungkinan yang lebih besar.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul antara lain, seberapa sering seseorang perlu melakukan hubungan seks tanpa pengaman untuk hamil? Apakah seorang wanita dapat hamil selama menstruasi? Kapan sebaiknya seorang wanita berhubungan seks, untuk bisa mendapatkan momongan? Lalu, apakah berhubungan badan tanpa pengaman sebelum jadwal menstruasi juga dapat menyebabkan kehamilan?

Berhubungan Badan Sebelum Menstruasi

image
Masa Subur Wanita

Nah, bagi kamu yang sedang berusaha hamil atau sedang mencari cara untuk menghindari kehamilan, kamu harus tahu bahwa peluang hamil dari hubungan seks sebelum menstruasi sebenarnya sangat rendah. Apalagi jika kamu memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat sulit bagi kamu untuk hamil jika berhubungan badan pada dua atau satu hari sebelum menstruasi. Pasalnya, setelah ovulasi, sel telur hanya ada selama 12-24 jam dan ovulasi dalam siklus reguler akan terjadi dua minggu sebelum menstruasi.


Meskipun begitu, sangat penting juga untuk benar-benar memahami siklus suburmu untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengoptimalkan atau meminimalisir peluang kehamilan.

Jadwal Masa Subur

Perlu diketahui bahwa masa subur seorang wanita setiap bulannya sebenarnya sangatlah singkat, yaitu sekitar lima hingga tujuh hari tiap bulannya. Untuk dapat hamil, sperma pria harus membuahi sel telur wanita dalam waktu 48 jam setelah masa ovulasi, yaitu masa di mana ovarium wanita melepaskan sel telur.

Pada umumnya, wanita memiliki siklus haid 28 hari (dengan perhitungan hari 1 adalah hari pertama haid). Nah, waktu ovulasi biasanya terjadi antara hari ke-11 dan 21.

Kapan Waktu Terbaik untuk Hamil?

Seks Sebelum Menstruasi / sumber: Pexels.comSeks Sebelum Menstruasi / sumber: Pexels.com

Sperma pria dapat hidup dalam saluran reproduksi wanita hingga 5 hari. Itulah sebabnya, para ahli merekomendasikan waktu berhubungan terbaik untuk mengoptimalkan peluang kehamilan adalah dua hingga tiga hari sebelum ovulasi. Jika melewati waktu itu, peluangmu untuk hamil benar-benar akan menurun.

Dalam beberapa kasus, memang ada kemungkinan kecil di mana seorang wanita bisa hamil jika berhubungan badan dua hari sebelum menstruasi. Namun, ini biasanya hanya pada kasus wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id