sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Cara Pakai Kondom Wanita Sebagai Alternatif Tunda Kehamilan

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 04 Apr 2021 22:30 WIB
Cara Pakai Kondom Wanita Sebagai Alternatif Tunda Kehamilan
caption

Ladies, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang kondom wanita? Tidak bisa dipungkiri, istilah kondom memang identik dan dikenal luas sebagai alat kontrasepsi pria. Namun kini, kondom yang diperuntukkan untuk wanita juga telah dihadirkan sebagai alat kontrasepsi yang dikalim aman.

Bahkan, kondom wanita ini digadang-gadang sebagai alternatif untuk menunda kehamilan. Lantas, bagaimana cara kerja dan cara memakai kondom wanita? Simak selengkapnya di bawah ini. 

Cara Kerja Kondom Wanita

Cara kerja kondom wanita dengan menahan sperma/freepik.com
Cara kerja kondom wanita/freepik.com

Kondom wanita juga disebut dengan kondom internal. Kondom ini berbentuk seperti kantung berbahan lembut yang longgar. Kondom wanita bekerja dengan cara menahan sperma agar tidak masuk ke dalam rahim ketika melakukan hubungan seksual. Oleh sebab itulah, kondom wanita ini bisa menjadi alternatif untuk menunda kehamilan. Kondom wanita akan dipasangkan pada vagina.

Secara fisik, kondom wanita memiliki perbedaan dengan kondom pria. Pada kondom wanita bisa ditemukan dua buah cincin. Salah satunya dimasukkan ke dalam vagina sedangkan yang satunya lagi berada di luar vagina. Fungsi cincin bagian luar sendiri ialah untuk menstabilkan posisi kondom serta membantu melepas kondom setelah selesai digunakan.

Cara Memakai Kondom Wanita

Cara Memakai Kondom Wanita harus dilakukan dengan hati-hati/123rf.com
Cara Memakai Kondom Wanita/123rf.com

Kondom wanita harus dipakai dengan benar supaya bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Adapun cara pemakaian kondom wanita yang benar bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, tekan bagian cincin yang ada di ujung kantong menggunakan ibu jari dan jari tengah lalu masukkan ke dalam vagina layaknya tampon. Posisikan jari telunjuk di dalam kondom lalu dorong cincin ke arah atas.
  • Kedua, pastikan bahwa bagian cincin lainnya tetap berada di luar vagina. Memanjang dengan ukuran 1 inchi ataupun 2,5 cm di luar labia
  • Ketiga, arahkan penis ke dalam kondom dan perlu dipastikan penis tidak terselip di antara permukaan luar kondom dan vagina. Selain itu, ingatlah bahwa cincin luar kondom harus tetap berada di bagian luar dan jangan sampai masuk ke dalam vagina.
  • Keempat, usai berhubungan seks, lepaslah kondom wanita dengan hati-hati dan putar bagian cincin luar supaya sperma tidak merembes.
  • Kelima, tarik dengan perlahan kondom dari dalam vagina dan buang ke tempat sampah.

Tips Pemakaian Kondom Wanita

Tips Pemakaian Kondom Wanita dilakukan untuk memaksimalkan kegunaannya/freepik.com
Tips Pemakaian Kondom Wanita/freepik.com

Saat akan memakai kondom wanita, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan supaya pemakaian tetap aman. Hal ini juga mencakup kondisi fisik kondom yang bersangkutan beserta jangka waktunya. Adapun tips-tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Silakan periksa tanggal kadaluwarsa. Pastikan tidak ada tanda kerusakan seperti lubang kecil maupun robekan
  • Selanjutnya, perlu dilatih terlebih dahulu untuk memasukkan kondom ke dalam vagina sebelum benar-benar menggunakannya dalam berhubungan seksual.
  • Ingat, jangan pernah gunakan kondom yang sama secara berulang
  • Hindari menggunakan kondom wanita dan kondom pria secara bersamaan. Hal ini bisa membuat kedua kondom menjadi rusak saat bertemu.
  • Bukalah bungkus kondom dengan hati-hati
  • Perlu pertimbangan untuk menggunakan pelumas tambahan terutama yang water based dengan tujuan memudahkan kondom untuk masuk.

KLIK NEXT untuk mengetahui selengkapnya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id