sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Doa Sebelum Melakukan Hubungan Suami Istri

Ranim | Senin, 25 May 2020 15:00 WIB
Doa Sebelum Melakukan Hubungan Suami Istri
caption
Di dalam Islam, berhubungan suami istri atau berjima' memiliki beberapa aturan. Salah satunya adalah berdoa sebelum melakukannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Beberapa aturan dalam melakukan hubungan intim diantara suami istri dalam Islam meliputi; tidak boleh menyetubuhi istri dari dubur, tidak boleh menyetubuhi istri di masa haid, anjuran berwudhu jika ingin melakukannya lagi, disunnahkan untuk mencumbu rayu sebelum melakukan jima', boleh telanjang dan saling melihat kemaluan, melakukannya hanya di kemaluan.

Seorang istri tidak boleh menolak ajakan jima' suami, tak boleh menyebarkan rahasia ranjang, jika melihat wanita lain kemudian timbul nafsu maka datangi istri dan berjima' dengan sang istri, boleh melakukan hubungan intim istri saat menyusui, jika suami datang dari bepergian sebaiknya mengabari istri dulu.


Foto: https://id.pinterest.com/

Dan sebelum melakukannya tentu disunnahkan untuk melafalkan doa, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhori dan Muslim,

لَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ فَقَالَ بِاسْمِ اللَّهِ ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا . فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ لَمْ يَضُرُّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا


“Jika salah seorang dari kalian (yaitu suami) ingin berhubungan intim dengan istrinya, lalu ia membaca do’a: BISMILLAH ALLAHUMMA JANNIBNAASY SYAITHOONA WA JANNIBISY SYAITHOONA MAA ROZAQTANAA. Artinya: ‘Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami”, kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya.’ ” (HR. Bukhari, no. 6388; Muslim, no. 1434).https://rumaysho.com/

Doa tersebut dilafalkan untuk meminta perlindungan serta pertolongan Allah agar dijauhkan dari setan saat sedang berhubungan dan juga keturunannya pun dijauhkan dari setan.



Sebagaimana dikutip dari Rumaysho, keberkahan yang didapat ketika membaca doa ini terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan intim adalah setan tidak akan ikut dalam hubungan atau jima' tersebut karena diawali dengan bismillah, mengikuti ajaran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam juga memberikan keberkahan sendiri, kebaikan doa di atas akan berpengaruh kepada keturunan yang dihasilkan, keturunan yang dihasilkan dari hubungan tersebut dijauhkan dari gangguan setan, serta keberkahannya berlaku pada wanita yang akan hamil dengan hubungan intim tersebut atau yang tidak hamil karena lafadznya bersifat umum.


Foto: https://id.pinterest.com/

Kemudian bagaimana dengan doa setelah berjima' atau setelah melakukan hubungan intim? Tak ada dalil yang meriwayatkan, tetapi jika ingin berdoa ketika sedang berjima' hanya boleh di dalam hati saja karena tidak pantas mengucapkan lafadz Allah saat tersebut. Dan diperbolehkan berdzikir atau berdoa setelah jima' seperti meminta keturunan yang sholeh dan sholeha misalnya, doa-doa umum yang ada dalam Quran seperti yang dipanjatkan oleh Nabi Zakaria 'alaihi salam.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id