sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ssst! 5 Fakta tentang Kondom Ini Wajib Kamu Tahu

Rumaysha Milhania | Jumat, 04 Sep 2020 02:00 WIB
Ssst! 5 Fakta tentang Kondom Ini Wajib Kamu Tahu
caption
Jakarta -

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi non hormonal yang paling praktis untuk digunakan. Bahkan, tidak hanya dapat membantu mencegah kehamilan, penggunaan kondom juga mampu mencegah penularan penyakit meluar seksual, seperti HIV AIDS. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak pasangan yang enggan untuk menggunakan kondom saat berhubungan. Alasannya beragam, mulai dari malas hingga menganggap bahwa kondom menghalangi sensasi seks yang lebih optimal.

Padahal, kondom sebenarnya sangat bisa digunakan sebagai alternatif alat kontrasepsi dan pelindung diri yang lebih praktis. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang kondom yang harus kamu tahu.

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi non hormonal yang paling praktis untuk digunakan.
Kondom/ Sumber: Freepik.com

1. Perubahan Bahan Kondom

Pencegahan kehamilan dengan cara menampung air mani sudah digunakan sejak lama. Pada zaman dulu, linen yang direndam dalam berbagai ramuan adalah bahan yang pertama kali dibuat dari kondom. Setelah itu, usus binatang seperti usus anak domba juga digunakan sebagai bahan kondom.


2. Penggunaan Kondom Pertama di Dunia

Menurut National Library of Medicine National Institute of Health, kondom telah ada sejak 3000 SM. Dalam penelitian yang dilakukan, para peneliti menemukan catatan pertama yang diketahui dari "kondom", yaitu alat kontrasepsi yang digunakan oleh Raja Minos dari Kreta. Dalam hal ini, ia menggunakan kandung kemih kambing untuk melindungi pasangannya dari air mani.

Menurut National Library of Medicine National Institute of Health, kondom telah ada sejak 3000 SM.
Kondom/ Sumber: Freepik.com

3. Kulit Binatang vs Lateks

Hingga saat ini, ada beberapa kondom yang bisa kamu gunakan. Kulit domba sangat bagus untuk orang yang memiliki alergi lateks. Sayangnya kondom kulit domba hanya akan mengurangi risiko kehamilan, dan mereka tidak bisa mencegah penularan penyakit menular seksual termasuk HIV. Pasalnya, virus HIV cukup kecil untuk masuk melalui pori-pori kondom yang terbuat dari kulit binatang. 

4. Peningkatan Penggunaan

Menurut Guttmacher Institute, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk kesehatan seksual dan reproduksi, penggunaan kondom pria meningkat dari 52% orang pada tahun 1982 menjadi 93% pada tahun 2006-2010. Hal ini disebabkan oleh adanya epidemi AIDS di awal tahun 80-an yang akhirnya membuat banyak orang berbondong-bondong menggunakan kondom sebagai perlindungan.

Sebuah perusahaan di China bernama Aoni memegang rekor Guinness World dalam pembuatan kondom tertipis di dunia.
Kondom/ Sumber: Freepik.com

5. Kondom Tertipis

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan penggunaan kondom karena merasa ini dapat mengganggu kenikmatan saat berhubungan, kamu mungkin bisa mencoba kondomy ang satu ini. Sebuah perusahaan di China bernama Aoni memegang rekor Guinness World dalam pembuatan kondom tertipis di dunia. Teknologi nanosilver digunakan yang diduga mencegah penumpukan bakteri, dan membersihkan serta mensterilkan sekresi manusia.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id