sign up SIGN UP

SKINCARE

3 Cara Mudah Atasi Sebum Berlebih Penyebab Jerawat

Retno Wulandari | Rabu, 31 Mar 2021 10:00 WIB
3 Cara Mudah Atasi Sebum Berlebih Penyebab Jerawat
caption

Produksi sebum atau minyak berlebih selain menimbulkan rasa tidak nyaman juga memicu munculnya jerawat di wajah. Jika dibiarkan, kondisi ini tentu saja dapat membuat kamu semakin tidak percaya diri dengan penampilan kamu, Ladies. Selain fokus mengobati jerawat, kamu juga perlu menghentikan kemunculan jerawat dengan cara mengurangi minyak berlebih.

Dibanding mengobati jerawat, mengurangi minyak berlebih ternyata tidak membutuhkan banyak cara lho, Ladies. Yup, hanya dengan melakukan tiga cara mudah berikut ini, sebum penyebab jerawat dapat teratasi!

1. Gunakan Facial Wash

3 Cara Mudah Atasi Sebum Penyebab Jerawat
Foto: Facial Wash/freepik.com

Produksi minyak berlebih atau sebum pada kulit wajah memang menjadi penyebab utama munculnya bakteri. Nah, bakteri ini nantinya akan menyumbat pori-pori, sehingga kulit jadi meradang, kemerahan, dan munculnya jerawat. Cara pertama untuk mengurangi minyak berlebih yang harus kamu lakukan adalah mencuci wajah menggunakan facial wash yang dibekali kandungan Salicylic Acid.

Salicylic Acid atau BHA merupakan bahan aktif pada skincare yang sangat baik digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini dikarenakan sifatnya yang dapat larut dalam minyak sehingga mampu menembus ke dalam pori-pori untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit.

2. Gunakan Exfoliating Toner

3 Cara Mudah Atasi Sebum Penyebab Jerawat
Foto: Exfoliating Toner/freepik.com

Cara mudah atasi sebum berlebih pada wajah selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi dengan exfoliating toner. Yup, salah satu jenis chemical exfoliator ini mengandung perpaduan AHA dan BHA serta senyawa turunannya, seperti Salicylic Acid, Glycolic Acid, dan Lactic Acid. Kandungan AHA berfungsi untuk mengatasi hiperpigmentasi ringan dan memudarkan bekas jerawat.

Sementara itu, kandungan BHA berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat dan kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kandungan ini bekerja langsung pada kelenjar minyak untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Agar tidak menimbulkan iritasi, sebaiknya gunakan exfoliating toner sebanyak 3 kali dalam seminggu ya.

3. Gunakan Serum

3 Cara Mudah Atasi Sebum Penyebab Jerawat
Foto: Serum/freepik.com

Terakhir, agar produksi sebum di wajah dapat terkontrol dan menghentikan kemunculan jerawat, maka jangan lupa menggunakan serum dengan kandungan Niacinamide. Yup, Niacinamide atau sering dikenal sebagai Vitamin B3 dan Nicotinamide ini merupakan salah satu vitamin yang dapat larut dalam air.

Hal yang membuat Niacinamide menarik untuk dicoba adalah kemampuannya yang dapat digunakan bersamaan dengan berbagai produk perawatan kulit lainnya, seperti Hyaluronic Acid, AHA, BHA, Vitamin C, Retinol, dan bentuk antioksidan lainnya. Niacinamide dapat menghidrasi kulit, sehingga produksi minyak alami pada wajah akan lebih terkontrol.

Nah, itulah 3 cara mudah untuk mengatasi sebum atau minyak berlebih penyebab jerawat yang bisa kamu lakukan, Ladies. Jika kamu sudah melakukan ketiga cara mudah di atas, yuk share pengalaman kamu di bawah ini!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id