sign up SIGN UP

3 Masalah yang Akan Dialami Pemilik Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Retno Wulandari | Selasa, 29 Jun 2021 17:00 WIB
3 Masalah yang Akan Dialami Pemilik Kulit Kering dan Cara Mengatasinya
caption

Ladies, kulit yang sehat ditandai dengan kelembapan yang cukup. Jika kelembapan pada kulit berkurang, maka bisa menyebabkan kulit kering. Nah, saat kulit dalam kondisi kering biasanya lebih mudah mengalami beberapa masalah yang cukup serius hingga mengganggu kesehatan kulit, lho.

Lalu, masalah apa yang akan dialami oleh pemilik kulit kering? Berikut 3 masalah dan cara mengatasi kulit kering yang sedang kamu hadapi!

1. Kulit Kering Kusam

Masalah kulit kering dan cara mengatasinya
Masalah yang akan dialami oleh pemilik kulit kering/Foto: freepik.com

Kulit kusam akan dialami oleh kamu yang memiliki kulit terlalu kering. Permukaan kulit kering yang cenderung kasar dan tidak merata bisa menghambat kilauan pada wajah, sehingga tampak kusam dan lelah.

Penyebab dari masalah yang sering dialami oleh pemilik kulit kering ini adalah paparan sinar matahari, menumpuknya sel kulit mati, pola hidup yang buruk, dan penggunaan produk skincare yang tidak tepat hingga menyebabkan perubahan pada kulit.

Cara Mengatasinya

Buat kamu pemilik kulit kering yang sedang mengalami masalah ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, yaitu:

1. Gunakan gentle cleanser yang dilengkapi oleh kandungan moisturizer agar kulit tetap lembap.

2. Lakukan eksfoliasi menggunakan produk chemical eksfoliate AHA untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.

3. Gunakan moisturizer secara rutin untuk mengatasi kulit kering.

4. Lindungi kulit menggunakan sunscreen dan produk antioksidan.

2. Kulit Kering Bersisik

Masalah kulit kering dan cara mengatasinya
 Masalah yang akan dialami oleh pemilik kulit kering/Foto: freepik.com

Keadaan kulit kering bersisik atau bertekstur dapat terjadi pada semua jenis kulit, namun cenderung lebih sering terjadi pada kulit kering, Ladies. Masalah kulit kering bersisik dapat terjadi karena adanya kerusakan pada lapisan pelindung dan struktur kulit. Hal ini menyebabkan proses regenerasi tidak berjalan teratur dan produksi kolagen menurun.

FYI Ladies, regenerasi sel kulit terjadi setiap 28-30 hari dengan mengelupaskan sekitar 30.000-40.000 sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Pada lapisan luar kulit mengandung campuran sel-sel kulit mati dan minyak alami yang membantu menahan air.

Jika lapisan ini rusak serta proses regenerasi terjadi secara abnormal, akan mengganggu kesehatan kulit.


Tidak perlu khawatir, sebab masalah kulit ini bisa kamu atasi dengan dua cara, yaitu:

Cara Mengatasinya

1. Menggunakan produk eksfoliasi dengan kandungan AHA untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk serta mempercepat proses regenerasi sel kulit.

2. Meningkatkan kelembapan kulit dengan produk moisturizer yang kaya akan emollient dan occlusive agar kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan baik.

3. Kulit Kering Mengelupas

Masalah kulit kering dan cara mengatasinya
 Masalah yang akan dialami oleh pemilik kulit kering/Foto: freepik.com

Masalah terakhir yang akan dialami oleh pemilik kulit kering adalah mengelupas. Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit yang terlalu kering dan menyebabkan sel-sel kulit tidak akan menempel satu sama lain, sehingga kulit mulai mengelupas.

Penyebab kulit kering mengelupas lainnya adalah kulit terbakar atau sunburn dan reaksi akibat alergi terhadap kandungan skincare. Kulit mengelupas terjadi pada area-area tertentu, seperti dahi, hidung, pipi, area mulut, dan dagu.

Cara Mengatasinya

Ada beberapa cara mengatasi kulit kering mengelupas yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Jangan menggaruk area kulit yang mengelupas karena dapat memperparah kondisi.

2. Gunakan pelembap yang kaya akan emollient dan occlusive atau kandungan lain seperti aloe vera secara rutin.

3. Lindungi kulit menggunakan sunscreen setiap hari dengan kandungan SPF minimal 30. Pastikan juga kamu rajin melakukan re-apply sunscreen.

4. Jika kulit kering mengelupas terjadi akibat alergi terhadap kandungan skincare, hentikan penggunaannya dan segera konsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Itulah 3 masalah yang akan dialami oleh pemilik kulit kering. Dari ketiga masalah di atas, mana yang lebih sering kamu alami, Ladies? Yuk share pengalaman kamu bagaimana cara mengatasi masalah kulit kering tersebut!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id