sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Bahan Alami untuk Mencerahkan Selangkangan

S Saraswathi | Minggu, 30 Aug 2020 15:00 WIB
4 Bahan Alami untuk Mencerahkan Selangkangan
caption

Selangkangan yang gelap sering kali membuat kita tidak percaya diri untuk menggunakan celana pendek atau mini dress. Karena alasan inilah sering kali kita mencari cara agar bisa mencerahkan kulit selangkangan.

Tak jarang ada yang mencari pemutih instan yang belum pasti itu aman digunakan atau tidak. Kamu bisa coba bahan alami di bawah ini, Ladies agar lebih aman.

1. Lidah Buaya

Aloevera
Aloevera / www.freepik.com

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sudah sangat terkenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh terutama kulit. Gel lidah buaya alami dan semua produk skincare dengan bahan dasar lidah buaya dipercaya dapat memberikan efek relaksasi kulit yang lecet atau teriritasi.


Lidah buaya sendiri mengandung zat aloin, yang dipercaya bisa mencerahkan kulit. Cara menggunakannya juga mudah, oleskan seperti lotion, dan biarkan meresap pada kulit. Kamu tidak perlu membilas lagi setelah mengoleskan ke selangkangan.

2. Kentang

Potato
Potato / www.freepik.com

Menggosokkan kentang pada kulit sebenarnya sudah lama menjadi cara tradisional untuk menyamarkan noda atau bintik gelap yang muncul pada area wajah dan juga kulit area lain. Katekolase, enzim yang ada di dalam kentang, dipercaya bisa membantu mencerahkan kulit.

Caranya sangat mudah: iris kentang, kemudian gosok irisan kentang di atas area selangkangan selama 15 menit atau lebih lama, terakhir cuci bersih dengan lembut area tersebut.

3. Scrub Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal
Oatmeal / www.freepik.com

Oatmeal dari gandum ini dipercaya bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit kering yang meradang, seperti eksim. Sedangkan, yogurt yang mengandung asam laktat dipercaya dapat meningkatkan kesegaran dan kesehatan kulit. Kedua bahan ini jika disatukan bisa membantu mencerahkan selangkangan.

Caranya, campurkan 3 sendok makan yogurt dan 3 sendok makan oatmeal. Kemudian aduk hingga rata dan membentuk pasta. Setelah dirasa cukup, oleskan scrub ke area kulit yang gelap dan gosok dengan lembut. Terakhir, bersihkan pasta yogurt dan oatmeal ini dari area selangkangan.

4. Jus Lemon dan Minyak Kelapa

Lemon
Lemon / www.freepik.com

Lemon sudah dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi. Sedangkan minyak kelapa berfungsi untuk melembabkan dan menjaga elastisitas kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan alami yang mengandung vitamin C bisa jadi lebih efektif untuk mencerahkan kulit daripada bahan kimia lain.

Pertama campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan perasan setengah buah lemon. Kemudian gosokkan campuran tadi pada area selangkangan, berhati-hatilah agar jangan sampai terkena alat kelamin. Pijat dengan lembut selama kurang lebih 10 menit atau lebih. Terakhir, cuci bersih area selangkangan.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id