sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Cara Atasi Jerawat Maskne Akibat Pakai Masker

Esra Dopita | Selasa, 01 Sep 2020 09:30 WIB
4 Cara Atasi Jerawat Maskne Akibat Pakai Masker
caption

Pandemi virus corona atau COVID-19 mengharuskan semua orang mengenakan masker ketika bepergian. Namun, pemakaian masker dalam jangka panjang dapat menyebabkan jerawat atau dikenal dengan sebutan mask acne (maskne).

Maskne adalah jerawat yang muncul di bagian wajah yang tertutup masker seperti hidung, dagung, atas bibir, dan pipi bagian bawah. Sama dengan jerawat lainnya, maskne dapat diatasi dengan memakai produk skincare. Berikut ini empat produk skincare untuk mengatasi maskne. 

Facial Wash

Selama penggunaan masker, kamu wajib mencuci wajah, baik sebelum maupun setelah memakai masker, demi mencegah jerawat maskne.
https://wolipop.detik.com/

Selama penggunaan masker, kamu wajib mencuci wajah, baik sebelum maupun setelah memakai masker. Sebab, menggunakan masker dapat membuat hawa panas terjebak sehingga wajah menjadi berkeringat, lembap, dan gatal. Kondisi ini dapat membuat kuman dan bakteri penyebab jerawat berkembang biak.


Karena itu, wajib mencuci wajah sebelum dan setelah mengenakan masker demi membersihkan minyak serta kotoran yang menempel di wajah sehingga tidak menimbulkan maskne.

Pilih facial wash dengan kandungan ceramide untuk mencegah kulit jerawat dan iritasi. Kandungan ceramide juga bisa melindungi lapisan kulit teratas dari kerusakan. 

Gunakan Pelembap

Pilih pelembap berbahan dasar ringan serta kaya air sehingga tidak membuat kulit makin lembap.
https://unsplash.com/@clarephotolover

Meski mengenakan masker membuat wajah lembap dan berkeringat, kamu tetap harus mengaplikasikan pelembap agar wajah tetap terhidrasi, kusam, juga mencegah maskne. Namun, pilih pelembap berbahan dasar ringan serta kandungan kaya air sehingga tidak membuat kulit makin lembap.

Aplikasikan sedikit saja dan tunggu pelembap sampai meresap dulu bila ingin mengaplikasikan bedak atau lainnya.

Toner Chemical Exfoliant

Toner dapat mengatasi permasalahan kulit berjerawat, termasuk jerawat karena pemakaian masker.
https://wolipop.detik.com/

Toner dapat mengatasi permasalahan kulit berjerawat, termasuk jerawat karena pemakaian masker. Pilih masker dengan khasiat chemical exfoliant atau kandungan salicylic acid. Toner chemical exfoliant memiliki manfaat eksfoliasi atau pengelupasan yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat dengan cepat. 

Sheet Mask

Sheet mask memiliki manfaat berbeda-beda yang sesuai dengan kebutuhan kulit, salah satunya mengatasi maskne.
https://www.beautynesia.id/

Produk skincare selanjutnya yang dapat mengatasi maskne adalah sheet mask. Masker wajah berbahan kertas ini memiliki manfaat berbeda-beda yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Mulai dari, menenangkan kulit, mengatasi iritasi, melembapkan, melawan penuaan, hingga mengatasi jerawat, termasuk maskne.

Untuk kulit berjerawat atau maskne, dapat memilih sheet mask dengan kandungan hyaluronic acid untuk mengobati jerawat. Selain itu, pilih kandungan aloe vera atau green tea demi menenangkan kulit yang iritasi akibat pemakaian masker. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id