sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Kebiasaan Buruk Penyebab Skin Barrier Rusak

Meydiana Adinda | Kamis, 10 Jun 2021 12:00 WIB
4 Kebiasaan Buruk Penyebab Skin Barrier Rusak
Skin Barrier Rusak Menyebabkan Masalah Kulit/freepik.com

Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang berfungsi untuk melindungi kulit agar terhindar dari irritant seperti bakteri, polusi, debu, dan lain-lain. Selain itu, skin barrier juga berfungsi untuk menjaga level of hydration kulit dengan cara mencegah penguapan air dari dalam kulit.

Karena perannya yang sangat penting untuk kesehatan dan kestabilan kondisi kulit, skin barrier harus senantiasa terjaga dalam kondisi yang kuat dan baik. Kerapuhan skin barrier akan membawa banyak masalah pada kulit, seperti kulit mudah iritasi, dehidrasi, hingga timbul jerawat.

Skin barrier sendiri dapat menurun kinerjanya seiring bertambahnya usia kita, Ladies. Kendati begitu, skin barrier juga bisa rapuh dan rusak akibat penyebab lain di luar faktor usia. Apa saja penyebab lainnya? Simak artikel berikut ini, ya!

1. Formula Cleanser yang Keras

Penyebab Kerusakan Skin Barrier
Cuci Wajah dengan Tepat/freepik.com

Menggunakan cleanser yang terlalu keras dan bersifat basa dapat menyebabkan pH kulit tidak seimbang. Terganggunya pH kulit akan berakibat buruk pada skin barrier. Idealnya, pH kulit adalah sekitar 4.2-5.6. Jika pH kulit terlalu basa maka kulit akan terlihat bersisik dan merah.

Selain itu, cleanser dengan formula yang keras dapat mengangkat lapisan lemak yang ada di lapisan kulit terluar. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya skin barrier. Untuk itu, Ladies bisa memilih cleanser yang diformulasikan gentle dengan pH yang seimbang.

2. Eksfoliasi Berlebihan

Penyebab Kerusakan Skin Barrier
Hindari Eksfoliasi Berlebihan/freepik.com

Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit, sehingga kulit lebih bersih dan terhindar dari penyumbatan pori-pori. Namun, jika mengeksfoliasi kulit secara berlebihan dapat menimbulkan masalah pada kulit, lho.

Hal ini dikarenakan proses eksfoliasi berlebihan tak hanya mengangkat sel kulit mati, tapi juga menggerus lapisan kulit terluar, yaitu skin barrier. Jadi, eksfoliasi berlebihan akan menyebabkan skin barrier rusak dan kulit menjadi iritasi.

Maka dari itu, lakukan eksfoliasi sesuai anjuran yang tertera di produk skincare-mu. Selain itu, penting juga untuk menyesuaikan proses eksfoliasi ini dengan batas kemampuan kulitmu, Ladies.

3. Suhu Air yang Ekstrem

Penyebab Kerusakan Skin Barrier
Hindari Suhu Air yang Ekstrem/freepik.com

Dalam mencuci wajah, hindari menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu air yang terlalu ekstrem dapat mengganggu kadar lemak pada kulit terluar. Hal ini dapat menyebabkan skin barrier menjadi rapuh dan kulit cenderung kering.

4. Paparan Sinar UV

Penyebab Kerusakan Skin Barrier
Hindari Paparan Sinar Matahari/freepik.com

Terlalu lama terpapar sinar matahari apalagi tanpa menggunakan sunscreen dapat menyebabkan kinerja kulit terganggu. Pasalnya, sinar UV menimbulkan ancaman bagi kulit dengan menurunkan kemampuan alami kulit.

Bahkan, terlalu lama terpapar sinar UV dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Untuk itu, jagalah kesehatan kulitmu dengan selalu menggunakan sunscreen. Jika keluar saat matahari terik, Ladies bisa menggunakan topi dan kaca mata hitam untuk menghindari paparan matahari.

Nah, itu dia beberapa penyebab rusaknya skin barrier. Yuk, hindari 4 hal tersebut agar kulit tetap sehat!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id