sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Langkah Efektif Atasi Blackheads Membandel Tanpa Rasa Sakit

Dini Nurhayati | Kamis, 20 Jun 2019 09:15 WIB
4 Langkah Efektif Atasi Blackheads Membandel Tanpa Rasa Sakit
caption
Blackheads atau komedo yang terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Keadaan seperti ini menjadi masalah yang tidak kunjung selesai bagi sebagian orang. Bahkan perawatan yang dilakukan terbilang sangat menyakitkan. Namun cara berikut ini dijamin tidak akan menimbulkan rasa sakit namun ampuh untuk menghilangkan blackheads kamu.

Cleanse & Exfoliate dengan Lembut


Jika kamu memiliki blackhead membandel cara membersihkan paling efektif adalah dengan menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat setiap 2x sehari, yaitu pagi dan malam. 

Asam salisilat ini merupakan kandungan yang biasa ditemukan dalam perawatan melawan jerawat atau khusus untuk wajah mudah berjerawat. Kandungan ini juga berfungsi membuka pori-pori sekaligus membersihkannya, menghaluskan tampilan tekstur kulit, dan membantu meningkatkan penampilan kulit. 


Foto: Istimewa

Caranya, ambil sedikit pembersih wajah kemudian pijat ke arah wajah. Konsentrasikanlah pada area yang memiliki blackheads kemudian bilas dengan air. Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi wajah minimal seminggu sekali dengan eksfoliator yang sesuai. Hal yang perlu diperhatikan, jangan lupa menggunakan pelembap. Karena asam salisilat jika dipakai berlebihan akan membuat kulit menjadi kering.
 


Gunakan Cleansing Tools


Jika ingin hasil yang efektif, tak ada salahnya menggunakan bantuan cleansing toolsAda banyak alat pembersih wajah yang telah beredar di pasaran. Ada yang berbentuk sikat atau silikon. Menggunakan alat itu akan meningkatkan kebersihan dan terangkatnya blackheads dari wajah.

Namun, yang harus diperhatikan adalah kelembutan dari cleansing tools. Jika Ladies memiliki bekas jerawat memerah tidak disarankan untuk menggunakannya di area tersebut.



Foto: https://id.pinterest.com/pin/223983781454902692/

Gunakan Clay Mask


Clay mask atau masker lumpur memiliki fungsi dapat membantu menyerap minyak berlebih, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Menggunakan clay mask secara rutin setiap 1-2 kali dalam seminggu akan membantu mengeluarkan minyak, kotoran yang dapat memperbesar tampilan pori-pori dan membuat kulit tampak kusam.


Foto: https://www.instagram.com/innisfreeindonesia/

Cara mengaplikasikannya, oleskan lapisan tipis ke wajah dan biarkan mengering selama kurang lebih 10 menit. Hapus menggunakan handuk basah yang hangat dan keringkan dengan lembut. Untuk produk clay mask, Beautynesia merekomendasikan Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X yang dibanderol Rp190 ribu.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/767300855242071621/

Memilih Produk dengan Formula Non-Comedogenic


Langkah pertama untuk mencegah timbulnya blackheads adalah dengan menggunakan produk bersifat non-comedogenic. Karena produk berbahan Non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori wajah dan bebas dari bahan-bahan yang mengiritasi. Perlu diingat, jangan memencet komedo dengan tangan karena akan membuat bakteri yang ada di tangan masuk ke pori-pori dan menimbulkan jerawat.


Foto: https://id.pinterest.com/pin/852235929464428067/

Sumber : Skincare.com


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id