sign up SIGN UP

4 Masalah Kulit Ini Biasa Ditemui Selama WFH, Apa Saja dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Shinta Nikmah | Senin, 16 Aug 2021 07:00 WIB
4 Masalah Kulit Ini Biasa Ditemui Selama WFH, Apa Saja dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
caption

Pandemi yang belum berakhir saat ini menuntutmu untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah terutama untuk bekerja. Work from Home (WFH) alias bekerja dari rumah selain membuat interaksimu dengan beberapa orang menjadi terbatas, namun juga bisa memunculkan beberapa permasalahan kulit, lho

Meski kamu lebih sedikit terpapar sinar matahari serta polusi ketika WFH, namun tetap ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat kulit mengalami permasalahan seperti berikut ini:

1. Kulit Kering

Kulit kering
Kulit kering/ Foto: freepik.com

Ketika kondisi pandemi seperti ini kamu pasti tidak lupa untuk sering-sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer termasuk ketika sedang di rumah saja. Kebiasaan tersebut ternyata menyebabkan kulit tangan menjadi kering, lho Beauties.

Kepada Yahoo! Life, Dr Adam Friedmann, seorang konsultan dermatologis di Stratum Clinics mengatakan bahwa mencuci tangan secara teratur menggunakan pembersih tangan, dapat menyebabkan tangan terasa kering dan sakit serta dapat memperburuk kondisi kulit yang sudah ada sebelumnya seperti eksim.

Untuk itu, kamu perlu memilih sabun tangan dengan kandungan moisturizer yang lembut untuk tangan. Jangan lupa juga untuk menggunakan hand cream atau lotion agar kulit tangan tetap lembap.

2. Kulit Kusam

Kulit kusam
Kulit kusam/ Foto: freepik.com

Kulit kusam terlebih pada bagian wajah bisa membuat penampilanmu terlihat lebih tua dari biasanya. Kulit kusam biasanya diakibatkan kulit yang kering akibat kurang terhidrasi. Terlebih jika kamu kurang rutin meminum air putih karena sibuk oleh pekerjaan yang menumpuk.

Agar terhindar dari kulit kusam, kamu perlu rutin menggunakan produk skincare yang berfungsi untuk melembapkan. Jangan lupa imbangi dengan rutin minum air putih dalam jumlah yang banyak.

Kamu juga bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi.

3. Muncul Jerawat

muncul jerawat
Muncul jerawat/ Foto: freepik.com

Meski di rumah saja dan rutin menggunakan skincare, jerawat tetap berpotensi muncul di wajah, lho. Selain karena faktor hormon, stres akibat pekerjaan yang menumpuk juga bisa memicu jerawat. Terlebih jika kamu harus begadang untuk lembur pekerjaan.

Konsumsi makanan yang tidak sehat ketika di WFH juga memperburuk kondisi jerawat sehingga tak kunjung sembuh. Untuk itu, kamu perlu menerapkan pola hidup yang lebih sehat dan tidak boleh mengurangi waktu istirahat.

Sebab menurut Healthline, tidur bisa meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki kulit yang rusak. Jadi, jangan lupa untuk cukup tidur meski sedang WFH ya, Beauties.

4. Kulit Pucat dan Eksim

Kulit pucat dan eksim
Kulit pucat dan eksim/ Foto: freepik.com

Ketika di rumah saja, kamu mungkin jarang mendapatkan sinar matahari sehingga mengakibatkan kulit terlihat pucat. Hal tersebut terjadi karena kulit kekurangan vitamin D dari sinar matahari sehingga melanin dalam tubuh tidak bekerja. Untuk itu kamu perlu rutin berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. 

Di rumah saja juga bisa memicu munculnya eksim pada kulit, lho. Eksim bisa muncul karena adanya alergi terhadap beberapa pemicu seperti debu atau produk perawatan kulit yang tidak cocok di kulit.

Nah, untuk mencegah munculnya eksim, kamu harus menjaga kebersihan diri dan kebersihan rumah serta menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id