sign up SIGN UP

SKINCARE

4 Teknik Perawatan Wajah yang Malah Merusak Kulit!

Phanie Fauziah | Jumat, 02 Apr 2021 20:30 WIB
4 Teknik Perawatan  Wajah yang Malah Merusak Kulit!
caption
Jakarta -

Perawatan wajah yang rutin kita lakukan ternyata tidak selamanya benar dan baik untuk wajah. Hal yang menentukan benar atau tidaknya adalah urutan perawatan wajah rutin yang dilakukan sesuai prosedur.

Maka dari itu, jangan sampai kita melakukan kesalahan dalam setiap tahapan teknik perawatan wajah yang kita lakukan. Jika hal tersebut sampai terjadi, kulit wajah kita malah akan menjadi rusak.

Wah, jangan-jangan dalam beberapa teknik perawatan wajah yang kita lakukan terdapat tahapan yang salah tanpa kita sadari? Cari tahu lebih lanjut yuk, Beautynesians.

Skincare Diaplikasikan Hingga Leher

Mengaplikasikan Skincare Hingga Leher
Mengaplikasikan Skincare Hingga Leher/Freepik

Kebiasaan salah yang kita lakukan ialah menggunakan skincare yang diaplikasikan hanya dari wajah hingga leher. Padahal tahapan yang benar adalah kita harus mengaplikasikannya hingga ke area dada maupun payudara.

Pasalnya, kulit yang terdapat pada area dada sama dengan wajah dengan kulit yang lebih tipis dibanding kulit bagian tubuh lainnya. Sehingga tak heran ya, jika dada menjadi tempat pertama yang akan menunjukkan tanda-tanda penuaan, mulai dari keriput hingga bintik hitam.

Sering Menggunakan Masker Peel-Off

Menggunakan Masker Peel-Off
Menggunakan Masker Peel-Off/Freepik

Banyak yang menyukai teknik perawatan wajah dengan menggunakan masker peel-off secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan masker ini memang lebih praktis dan membuat kita rileks. Selain itu, masker peel-off juga bisa mengangkat komedo hingga sel kulit mati dengan mudah.

Padahal pada kenyataannya, penggunaan masker peel-off terlalu sering bisa menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit sehingga bisa mengiritasi kulit hingga meninggalkan bekas luka permanen serta pigmentasi.

Penggunaan Pelembab Sebelum Tidur Saat Kulit Berjerawat

Penggunaan Pelembap saat Berjerawat di Malam Hari
Penggunaan Pelembap saat Berjerawat di Malam Hari/Freepik

Malam hari sebelum tidur memang merupakan waktu yang tepat dalam menggunakan skincare. Hal ini dikarenakan, kandungan pada  skincare yang digunakan akan meresap dengan baik saat kita tidur.

Tapi, hal yang perlu kita ketahui bahwa penggunaan pelembab sebelum tidur ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk Beautynesians yang memiliki kulit berjerawat serta berminyak.

Hal ini dikarenakan pelembab justru mampu membuat kulit semakin berminyak hingga tersumbat, sehingga memperparah jerawat.

Membersihkan Wajah Hanya dengan Micellar Water

Membersihkan Wajah Hanya dengan Micellar Water
Membersihkan Wajah Hanya dengan Micellar Water/Freepik

Micellar water maupun tissue khusus makeup memang mempermudah proses membersihkan wajah setelah memakai makeup karena lebih praktis.

Tapi bukan berarti proses cleansing hanya menggunakan kedua produk tersebut, apalagi setelah kita menggunakan full makeup.

Penggunaan micellar water dan tissue makeup di awal proses cleansing memang sudah benar. Tapi, jangan lupa tahapan selanjutnya membersihkan wajah dengan menggunakan sabun, kita juga bisa mengaplikasikan cleansing balm sebelum mencuci muka jika makeup yang kita gunakan cukup tebal dan susah dihapus.

Eits, tapi jangan sampai salah juga ya Beautinesians, penggunaan double cleansing terlalu sering juga tidak baik lho untuk kulit. Jadi, lakukan tahapan ini jika kita memang sudah menggunakan makeup tebal saja ya.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id