sign up SIGN UP

5 Aturan Penting Agar Kulit Terlihat Awet Muda Meski di Usia 40-an

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 25 Aug 2021 18:51 WIB
Sederet Rules Penting yang Perlu Diterapkan Supaya Tampak Awet Muda di Usia 40 an:

Sederet Rules Penting yang Perlu Diterapkan Supaya Tampak Awet Muda di Usia 40 an:

1. Mencuci Wajah dengan Pembersih yang Sesuai Jenis Kulit

Apabila mudah tergoda dengan harga murah beserta klaim yang menjanjikan dari sebuah produk skincare, maka mulai dari sekarang kamu harus lebih selektif lagi, Beauties. Terlebih lagi apabila kamu sudah memasuki usia 40-an. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan termasuk penyesuaian terhadap produk pembersih yang akan digunakan.

Pilihlah pembersih wajah yang dirancang khusus untuk jenis kulit yang dimiliki. Apabila kulitmu kering, maka pilihlah pembersih yang mampu menghidrasi. Apabila kulit cenderung normal maka pembersih berbusa bisa menjadi pilihan untuk membersihkan wajah secara maksimal.

Selain itu sebagaimana yang dikutip dari Prevention, dokter kulit Ronald Moy menjelaskan selama kulit tidak terlalu sensitif maka pilihlah pembersih yang mengandung asam Alfa Hidroksi atau AHA karena bisa merangsang pergantian sel dan membentuk kulit menjadi lebih prima untuk menyerap produk yang digunakan setelahnya. 

2. Gunakan Serum Anti Penuaan

Menggunakan serum anti penuaan supaya awet muda/ Foto: Freepik.com
Menggunakan serum anti penuaan supaya awet muda/ Foto: Freepik.com

Rules penting berikutnya adalah menggunakan serum anti penuaan yang efektif. Ya, perawatan wajah dengan pembersih saja tidak cukup untuk menghadirkan kulit yang awet muda. Butuh kandungan yang lebih kuat dan bisa menutrisi secara lebih mendalam ke dalam kulit seperti serum.

Untuk itu, di pagi hari cobalah mengoleskan serum yang mengandung antioksidan seperti  Vitamin C dan E. Kedua kandungan ini mampu menangkal radikal bebas sehingga kulit lebih sehat dan terjaga.

Sementara itu untuk malam harinya, Pilihlah serum dengan kandungan retinol untuk membantu memperbaiki sel kulit, mempercepat pergantian sel, mencegah kerusakan kolagen dan merangsang pertumbuhan baru protein pengencang kulit.

Retinol adalah salah satu anti penuaan yang paling efektif namun bisa jadi kurang efektif apabila terkena sinar matahari. Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan retinol pada malam hari. Apabila kulit super sensitif maka bisa menggantinya dengan serum anti penuaan lainnya yang memiliki sifat lebih calming.

3. Jangan Skip Penggunaan Tabir Surya

Rutin menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari penuaan/ Foto: Freepik.com
Rutin menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari penuaan/ Foto: Freepik.com

Perlu diketahui bahwa penggunaan tabir surya setiap hari adalah hal yang terpenting yang bisa dilakukan supaya kulit tampak awet muda. Sebagaimana yang dikutip dari Prevention, dikatakan bahwa meskipun SPF tidak bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari tetapi penggunaannya adalah cara terbaik untuk mencegah lebih banyak tanda penuaan akibat sinar matahari, seperti bintik-bintik hitam perubahan warna dan kemunculan garis-garis halus.

Setidaknya gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF 30 supaya dapat melindungi kulit lebih maksimal. Selain itu Pilihlah SPF yang juga mencakup enzim perbaikan DNA seperti fotoliase dan endonuklease, karena bahan-bahan ini mampu memblok sinar UV pada tingkat molekuler sehingga mengurangi risiko photoaging lebih jauh lagi.


Our Sister Site

mommyasia.id