sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Bahan Aktif yang Harus Ada Dalam Skincare Agar Kulit Cerah dan Cling!

Fahira mahza | Senin, 22 Feb 2021 18:00 WIB
5 Bahan Aktif yang Harus Ada Dalam Skincare Agar Kulit Cerah dan Cling!
Bahan yang berperan sebagai lightening agent/ foto: freepik.com
Jakarta -

Skincare digunakan untuk merawat kulit agar tetap sehat. Beberapa skincare difokuskan untuk merawat berbagai permasalahan kulit mulai dari kulit kusam, berjerawat, noda hitam, kering, berminyak dan sebagainya. Tentunya di dalam produk skincare terdapat kandungan bahan-bahan alami yang bermanfaat bagi kulit. Salah satu fungsi skincare yang paling dicari yakni fungsi dalam mencerahkan wajah.

Banyak brand yang menawarkan produk skincare yang mengandung lightening agent untuk membantu mencerahkan wajah. Namun, sebelum membeli produk skincare sebaiknya kamu mengetahui kandungan yang ada di dalamnya agar dapat menggunakannya dengan tepat. Beberapa bahan yang berperan sebagai lightening agent ini memiliki sifat yang berbeda-beda.

Licorice Extract 

Licorice Extract
Licorice Extract/foto: indiamart.com

Licorice merupakan bahan alami yang berasal dari akar manis yang di ekstrak. Tanaman ini memang sudah terkenal berkhasiat serta dijadikan obat herbal di daerah Asia Selatan. Memiliki aroma harum yang mirip dengan permen mint, tak jarang aroma licorice juga diekstrak.

Licorice mengandung berbagai vitamin seperti B1, B3, B5 serta vitamin E yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain berfungsi untuk membantu melembabkan kulit serta menyembuhkan luka akibat jerawat, Licorice juga dikenal mampu mencerahkan kulit dan berperan sebagai lightening agent. 

Asam Kojic

Asam Kojic
Asam Kojic/foto: bcfocus.com

Bahan yang satu ini memang umum ditemui sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan kulit. Asam Kojic merupakan zat yang diperoleh dari jamur. Teksturnya menyerupai tepung dengan butiran kecil berwarna putih. Bahan ini terkenal mampu mencegah pembentukan tirosin yang berfungsi memproduksi pigmen melanin. Produksi melanin yang tinggi maka akan membuat kulit menjadi lebih gelap. Hal inilah yang membuat Asam Kojic cocok digunakan untuk mencerahkan kulit. 

Niacinamide 

Niacinamide
Niacinamide/foto: delishcondish.com

Niacinamide adalah bentuk turunan dari vitamin B3. Vitamin B3 merupakan anggota vitamin B kompleks yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dalam produk pencerah mudah sekali kita temukan Niacinamide di dalamnya. Salah satu fungsi utama niacinamide adalah merangsang produksi kolagen sehingga noda hitam dapat tersamarkan. Selain itu kolagen juga dapat membantu mencerahkan dan melembabkan wajah. 

Vitamin C

Vitamin C
Vitamin C/foto: whattoexpect.com

Sama seperti Niacinamide, ternyata vitamin C dapat membantu meningkatkan pembentukan kolagen untuk menjaga kekenyalan sehingga kulit tampak lebih halus. Vitamin C di dalam skincare ternyata berperan sebagai booster imunitas kulit yang dapat menyuplai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Penggunaan vitamin C sangat cocok untuk melawan hiperpigmentasi akibat sinar matahari. Hiperpigmentasi menyebabkan produksi melanin tinggi dan kulit menjadi lebih gelap. 

Alpha Arbutin

Alpha Arbutin
Alpha Arbutin/foto: aliexpress.com

Alpha Arbutin dapat ditemukan secara alami di dalam berbagai buah-buahan seperti blueberry, cranberry, pir serta gandum. Namun, bahan ini juga dapat disintetik melalu bahan hydroquinone secara aman. Memiliki fungsi sebagai lightening agent yaitu dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Dibandingkan Arbutin maupun zat turunan lainnya, Alpha Arbutin terbilang lebih stabil dan efektif. 

Nah, itulah beberapa bahan yang terkenal berfungsi sebagai lightening agent. Bahan-bahan ini dapat dengan mudah kita temukan di dalam produk perawatan pencerah kulit. Namun, tetap waspada dalam penggunaannya dan ikutilah aturan pemakaian. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id