sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Bahan Dapur Berikut Bisa Dipakai Keramas, Unik Banget!

Izzul Millati Umami | Kamis, 08 Oct 2020 10:00 WIB
5 Bahan Dapur Berikut Bisa Dipakai Keramas, Unik Banget!
caption
Jakarta -

Ladies, rambut adalah mahkota bagi wanita. Wajar, jika perawatan rambut rutin dilakukan untuk menjaga rambut berkilau, terhindar dari rontok, dan indah. Salah satu cara yang dilakukan untuk merawat rambut secara umum adalah dengan rutin keramas. Yups, keramas umumnya menggunakan produk-produk yang beredar di pasaran.

Bahkan, banyak yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk membeli produk perawatan rambut. Nah, keramas sebenarnya bisa menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ladies jumpai di dapur. Selain menjaga dan melindungi rambut, tentu menggunakan bahan alami juga membuat rambut  jauh lebih sehat dan ramah di kantong. Berikut 5 bahan dapur yang bisa dipakai untuk keramas. Simak, yuk:


Kuning Telur

Kuning Telur
Kuning Telur/sumber:pixabay.com

Keramas menggunakan kuning telur tentu terdengar asing, bukan? Namun, kandungan protein dan vitamin dalam kuning telur sangat diperlukan oleh rambut. Kuning telur dapat mengeluarkan kotoran yang ada pada rambut. Caranya cukup mudah, kocok kuning telur hingga tercampur rata. Lalu, tuangkan telur ke rambut yang sudah basah. Diamkan selama 1 hingga 3 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air bersih.

Air Jeruk Nipis

Air Jeruk Nipis
Air Jeruk Nipis/sumber:pixabay.com

Air jeruk nipis tak hanya bisa digunakan untuk masakan atau minuman saja, loh. Air jeruk nipis dapat digunakan sebagai bahan untuk keramas. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis memiliki sifat anti mikroba yang dapat berfungsi sebagai pembersih rambut khususnya rambut yang berketombe.

Caranya, peras 1 buah air jeruk nipis, lalu tambahkan 2 gelas air. Aduk rata, tuang air campuran perasan jeruk nipis ke rambut. Diamkan selama 1-3 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baking Soda

Baking Soda
Baking Soda/sumber:pixabay.com

Ladies, mungkin hanya menganggap bahwa baking soda hanya berguna untuk bahan adonan membuat kue. Namun, ternyata baking soda dapat dipakai untuk keramas. Baking soda dapat berperan sebagai exfoliant alami yang dapat berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada rambut, dan mengurangi minyak yang dapat membuat rambut lepek.

Caranya, campurkan 1 sendok baking soda dengan 1 gelas air, kocok. Lalu, tuang air campuran baking soda ke rambut. Diamkan selama beberapa menit, kemudian cuci rambut menggunakan air hingga bersih. Oh ya, bagi yang rambutnya tipis gunakan sedikit baking soda, sedangkan untuk pemilik rambut tebal dan keriting gunakan lebih banyak soda. 

Teh 

teh
teh/sumber:pixabay.com

Teh bukan hanya nikmat diseduh saja, ladies. Kandungan kafein dalam teh dapat memperlancar aliran darah, hidrasi kulit, dan mengalirkan oksigen dalam tubuh. Nah, hal ini dapat memperbaiki rambut patah dan rusak, serta mencegah kerontokan pada rambut.

Caranya, siapkan 6 sendok makan teh ke dalam air panas. Diamkan sejenak agar tidak terlalu panas. Oleskan pada rambut hingga merata selama 20-30 menit. Lalu, cuci rambut menggunakan air bersih.

Kemiri

Kemiri
Kemiri/sumber:pixabay.com

Bahan dapur yang satu ini juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Caranya cukup mudah untuk dipraktekkan di rumah. Siapkan kemiri secukupnya. Sangrai kemiri hingga halus  tanpa  menggunakan minyak.

Lalu, usapkan kemiri yang sudah halus pada rambut hingga merata. Untuk hasil maksimal, biarkan selama 30 menit. Terakhir, bilas rambut menggunakan air hingga bersih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id