sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Bahan Dapur Dipercaya Mampu Atasi Kulit Terbakar Akibat Catokan Rambut

Tria Oktyana | Senin, 13 May 2019 11:18 WIB
5 Bahan Dapur Dipercaya Mampu Atasi Kulit Terbakar Akibat Catokan Rambut
caption
Aktivitas mencatok rambut memang sangat menyenangkan. Rambut menjadi rapih, halus dan membuat tampilan mempesona. Tapi saat mencatok rambut pasti adakalanya catokan terkena leher ataupun pipi. Jangan khawatir, Ladies. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari 5 bahan dapur ini untuk mengatasi kulit terbakarmu.

Lidah Buaya


Tanaman yang kaya dengan aktioksidan ini merupakan bahan alami yang dapat meredakan kulit terbakar. Teksturnya yang berlindir dapat meredakan panas pada kulit. Kandungan vitamin E dan antioksidan juga dapat menenangkan kulit dan membuat kulit cepat memperbaiki kerusakan.

Caranya, kamu tinggal potong lidah buaya yang sudah dibersihkan, kemudian ambil lendirnya dan oleskan. Kamu juga dapat membagi lidah buaya secara vertikal dan tempelkan diatas kulit yang terbakar. Sampai hawa panas dalam kulit mereda.


Foto: https://id.pinterest.com/kvetysilvia/

Kantong Teh


Setelah menggunakan kantong teh jangan dulu di buang. Karena kantong teh ini banyak manfaatnya untuk kulit. Seperti untuk scrubing, masker mata ataupun untuk meredakan panas saat kulit terbakar. 

Caranya mudah, kamu tinggal ambil kantong teh yang telah basah dan tempelkan pada kulit yang terbakar. Perhatikan juga tingkat air dalam kantong teh jangan terlalu basah ataupun kering karena akan membuat kulit menjadi lebih perih apabila ada luka terbuka.


Foto: https://id.pinterest.com/ljhernandez6163/

Madu


Si manis yang didapat dari lebah madu ini terkenal menjadi favorite kandungan dalam skincare. Selain baik untuk kulit, madu juga dapat dijadikan antibakteri, meredakan sakit dan membantu penyembuahan kulit yang terbakar. Jadi jangan males untuk menyimpan madu di dapur, karena banyak manfaatnya untuk tubuh dan kulit.

Saat kulit terbakar, cepatlah mengambil madu dan oleskan pada kulit yang terbakar. Oleskan madu dengan lembut, karena kulit terbakar lebih rentan untuk terkelupas. Diamkan sampai panas mereda. Cuci dengan hati-hati. 


Foto: https://id.pinterest.com/freepeople/

Susu


Susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan tubuh kita. Kandungan lemak dan protein dalam susu juga berguna untuk meredakan panas dan mempercepat penyembuhan kulit yang terbakar. Saat kamu terkena catokan panas, kamu harus cepat menuangkan susu kedalam kapas ataupun kain halus dan segera menempelkannya di atas kulit yang terbakar. 

Jangan mengosok ataupun membuat kulit terbakar terkelupas. Tekan dengan lembut kain yang telah diberi susu agar panas pada kulit mereda. Perhatikan juga saat menuang susu jangan terlalu basah ataupun sedikit. 


Foto: https://id.pinterest.com/vitamix/

Daun Mint


Daun dengan sensasi menyegarkan ini banyak manfaatnya untuk tubuh. Tidak hanya membuat mulut terhindar dari bau, tetapi sensasi dalam daun mint juga dapat mendinginkan kulit yang terbakar. Caranya, ambil daun mint yang segar dan campurkan dengan air tampahkan sedikit madu dan aduk hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan campuran tersebut diatas luka yang terbakar.

Apabila kamu kesulitan mendapatkan daun mint, cara yang paling cepat adalah megoleskan pasta gigi. Kebanyakan pasta gigi memiliki kandungan mint di dalamnya. Walaupun terasa tambah panas setelah dioleskan, pasta gigi lebih baik daripada kamu mengoleskan es. Karena panas dari pasta gigi akan membuat panas dikulit mereda.


Foto: https://id.pinterest.com/thekitchn/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id