sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Bahaya Mengancam Kulit Jika Sering Gonta-ganti Skincare

Novianty Aulia | Kamis, 01 Apr 2021 20:15 WIB
5 Bahaya Mengancam Kulit Jika Sering Gonta-ganti Skincare
caption

Merawat kesehatan wajah wajib hukumnya bagi siapa saja, termasuk perempuan. Sayangnya, hal ini yang terkadang membuat kamu cenderung berganti-ganti banyak produk hanya karena merasa tidak mendapatkan khasiat dalam waktu yang cepat. 

Padahal Ladies, semakin kamu sering menggonta-ganti produk skincare maka semakin besar risiko kulit wajahmu akan menjadi tidak sehat atau malah bermasalah. Apalagi jika produk yang kamu gunakan memiliki kandungan yang tidak bisa digunakan dengan sembarangan.

Tak hanya menimbulkan masalah, kebiasaan ini juga membawa dampak lainnya yang dapat mengancam kesehatan kulitmu lho. Berikut ada 5 dampak berbahaya karena sering gonta-ganti produk skincare. Yuk disimak!

1.Menghambat Proses Perawatan Kulit

Kunci merawat kulit ialah kesabaran. Justru jika kamu gonta-ganti skincare maka kerja dari skincare tersebut akan menjadi lama.
Ilustrasi Produk Skincare/Freepik.com


Seringkali kamu lupa bahwa setiap produk skincare butuh waktu untuk bekerja dan menyesuaikannya dengan kondisi kulitmu. Cepat atau tidaknya skincare tersebut dapat bekerja secara maksimal sebenarnya ditentukan dari bagaimana kamu menggunakan produk tersebut. Bisa jadi, beberapa produk yang kamu gunakan malah tidak bisa bekerja secara semestinya karena sudah tertumpuk dengan kandungan dari produk lainnya.

Harus selalu kamu ingat ya, Ladies, kunci utama dalam merawat kulit ialah kesabaran. Jangan sampai hanya karena ingin hasil yang instan, kamu malah teledor dan mengorbankan kesehatan kulit wajahmu sendiri.

2. Berisiko Menimbulkan Jerawat

Sering Berganti-ganti Produk skincare sebenernya dapat beresiko menimbulkan jerawat.
Ilustrasi Timbulnya Jerawat di Wajah/Freepik.com

Berlebih Tak hanya menghambat proses kerja dari produk skincare, wajahmu juga terancam berjerawat bahkan secara berlebihan karena kebiasaan berganti-ganti produk perawatan kulit. Biasanya hal ini disebabkan karena kulit kamu tidak bisa menerima semua kandungan yang terdapat pada produk skincare yang kamu gunakan.

Tentunya akan sangat disayangkan jika berbagai produk yang harusnya membawa effect baik bagi kulit tetapi malah mengundang jerawat karena kesalahan yang tidak kamu sadari dalam pemakaiannya.

3. Kesulitan Menemukan Skincare yang Cocok

Semakin banyak produk skincare yang kamu gunakan maka semakin sulit pula kamu dalam menentukan yang mana yang pas untuk kulitmu.
Ilustrasi Wanita Bingung dalam Menggunakan Skincare/Freepik.com

Mendapatkan kulit yang bersih tidak hanya dipengaruhi dari produk apa yang kamu gunakan tetapi cocok atau tidaknya kandungan dari produk tersebut dengan kulitmu. Oleh karenanya kamu butuh waktu untuk mencari tahu produk atau kandungan apa yang dirasa kurang bersahabat dengan kulitmu.

Ketika kamu terbiasa menggonta-ganti produk skincare apalagi dalam waktu yang sangat singkat, dipastikan kamu akan kesulitan dalam mengenali produk yang kamu gunakan. Tak hanya itu, kamu juga akan kebingungan sendiri untuk menemukan apa yang sebenarnya kulit kamu butuhkan.

Cobalah untuk menggunakan satu produk terlebih dahulu dan lihatlah hasil yang didapatkan. Proses inilah yang justru membantu kamu untuk mendapatkan kulit yang sehat dengan kandungan yang aman dan benar untuk kulitmu.

[Gambas:Instagram]

4. Kulit Wajah Menjadi Iritasi Bahkan Rusak

Tidak menutup kemungkinan bahwa wajahmu akan teriritasi jika terlalu banyak kandungan skincare yang digunakan.
Ilustrasi Wanita Menyentuh Wajahnya yang Iritasi/Freepik.com

Semakin banyak produk skincare yang kamu gunakan maka semakin beragam pula kandungan yang menyerap ke kulit wajahmu. Hal seperti ini sepatutnya harus diperhatikan kembali karena tak semua jenis kandungan bisa dipergunakan sesuka hati terlebih bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Tidak menutup kemungkinan, wajahmu bisa menjadi lebih sensitif bahkan iritasi karena terlalu sering mengganti produk perawatan kulit.

Berbagai dampak berbahaya lainnya pun dapat terjadi jika selama pergantian skincare kamu tidak memastikan beberapa hal kecil seperti pemakaian sunscreen hingga menggabungkan kedua kandungan yang tidak seharusnya.

5. Kulitmu Kebal Terhadap Skincare 

Kulit wajah cenderung akan Menjadi kebal dari skincare karena kebiasaan buruk yakni gonta-ganti produk.
Kulit Menjadi Tidak Terpengaruh Apapun dan Kebal /Freepik.com

Tahukah kamu ternyata, kebiasaan mengganti-ganti produk skincare juga bisa membuat kulit menjadi resisten lho Ladies.

Resisten sendiri ialah kondisi dimana kulit menjadi kebal dan tidak bisa merasakan effect apapun dari segala produk perawatan kulit yang digunakan. Bisa dibayangkan, jika kulitmu sedang bermasalah tetapi segala produk jerawat yang kamu pakai malah tidak membawa manfaat apapun karena kulitmu yang berubah menjadi resisten.

Oleh karenanya, selalu sabarlah dalam menggunakan suatu produk. Jika memang ternyata menimbulkan masalah lebih baik kamu konsultasikan kepada yang lebih ahli ketimbang harus mencoba segala macam produk yang belum terjamin keamanannya.

Nah Ladies, berikanlah waktu untuk setiap skincare bekerja dan jangan terburu-buru ya! Ingat, semua butuh proses termasuk saat menggunakan skincare sekalipun.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id