sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Cara Ampuh Atasi Bruntusan di Jidat dengan Bahan Alami

Esra Dopita | Rabu, 21 Oct 2020 12:30 WIB
5 Cara Ampuh Atasi Bruntusan di Jidat dengan Bahan Alami
caption

Bruntusan menjadi permasalahan kulit yang cukup sering dialami wanita. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintil-bintil putih seperti jerawat di wajah. Jidat adalah bagian wajah yang kerap dan paling banyak mengalami bruntusan.

Meski kecil, bruntusan di jidat kerap mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri. Namun, tak perlu khawatir bruntusan dapat diatasi dengan mudah. Selain menggunakan skincare, bruntusan dapat diatasi dengan bahan-bahan alami. Berikut ini cara mengatasi bruntusan di jidat menggunakan bahan-bahan alami yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. 

Cuka Apel

Cuka apel bersifat antimikroba dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan serta mengatasi bruntusan di jidat.
Apel/https://wolipop.detik.com/

Cuka apel bersifat antimikroba dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan serta mengatasi bruntusan di jidat. Namun, untuk memanfaatkannya, kamu harus mencampur cuka apel dengan sedikit air putih yang sudah matang, kira-kira 1:1. Kemudian, oleskan secara merata di jidat menggunakan kapas. 

Lemon

Kandungan astringent dan antibakteri pada lemon dapat mengelupas sel kulit mati, mencegah penyumbatan pori-pori, serta membantu mengurangi peradangan dan beruntusan.
Lemon/https://unsplash.com/@blcksdz

Kandungan astringent dan antibakteri paa lemon dapat mengelupas sel kulit mati, mencegah penyumbatan pori-pori, serta mengurangi peradangan dan bruntusan sehingga wajah kembali mulus. Namun, lemon mengandung asam cukup tinggi yang dapat menyebabkan iritasi kulit, terlebih pemilik kulit sensitif. Karena itu, sebaiknya mencampur perasan air lemon dengan sedikit air dan madu.

Lidah Buaya

Kandungan gliberin dan polifenol dalam lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka serta membantu merawat kulit akibat bruntusan.
https://unsplash.com/@jenlou

Selain jerawat, lidah buaya juga dapat mengatasi bruntusan. Kandungan gliberin dan polifenol dalam lidah buaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka serta membantu merawat kulit  akibat bruntusan. Ditambah, sensasi dingin pada lidah buaya mampu menenangkan kulit akibat iritasi dan bruntusan. 

Madu

Memiliki kandungan antioksidan, madu terbukti efektif mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk beruntusan di wajah.
https://unsplash.com/@arwinneil

Memiliki kandungan antioksidan, madu terbukti efektif mengatasi berbagai permasalahan kulit, salah satunya beruntusan. Madu juga dapat melawan bakteri dan peradangan yang dapat membantu mengurangi bruntusan di wajah sehingga wajah kembali bersih dan halus. 

Kunyit

Senyawa kurkumin pada kunyit tak hanya membuat kulit cerah, tapi juga mengatasi jerawat, bruntusan, dan pigmentasi.
https://unsplash.com/@mero_dnt

Biasanya digunakan untuk bumbu masakan, kunyit ternyata memiliki senyawa kurkumin yang baik bagi tubuh dan kulit. Senyawa ini tak hanya membuat kulit cerah, tapi juga memperbaiki permasalahan kulit seperti jerawat, bruntusan, dan pigmentasi.

Untuk memanfaatkannya, kamu enggak perlu repot-repot memarut atau menghaluskan kulit. Cukup beli bubuk kunyit yang telah jadi dan cairkan bersama air hingga tercampur rata. Kemudian, oleskan pada jidat secara merata.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id