sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Cara Efektif Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu

Lulu Lukyani | Kamis, 08 Apr 2021 16:15 WIB
5 Cara Efektif Hilangkan Bau Kaki yang Mengganggu
Ilustrasi perawatan kaki/Freepik
Jakarta -

Bau kaki harus segera diatasi karena bisa mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Selain itu, bau kaki pun bisa membuatmu tidak percaya diri. Penyebab sebagian besar bau kaki adalah bakteri dan kelembapan. Kaki yang bau biasanya tidak terkait dengan kondisi medis.

Secara alami, kaki memiliki bakteri hidup. Ketika bakteri membersihkan diri dari kotoran dari penguraian minyak dan sel kulit mati, bau tak sedap pun bisa muncul. Kabar baiknya, ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau kaki. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah 5 cara menghilangkan bau kaki.

1. Lakukan eksfoliasi

Batu apung.
Batu apung/Freepik

Menggunakan scrub atau batu apung dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki dan memakan bakteri. Jika kaki terasa sangat bau, cobalah lakukan eksfoliasi dengan batu apung setiap 2-3 kali dalam satu minggu.

Gosok kaki secara perlahan menggunakan batu apung. Jangan menggosok terlalu keras karena bisa menimbulkan kaki lecet dan iritasi.

2. Rendam garam

Garam.
Garam/Freepik

Merendam kaki bisa dijadikan rutinitas untuk membantu pengelupasan kulit kaki. Tambahkan garam pada air untuk manfaat yang lebih maksimal. Caranya, siapkan mangkuk berisi air hangat dan larutkan setengah cangkir garam. Rendam kaki selama 10-20 menit lalu keringkan kaki secara menyeluruh.

3. Rendam cuka

Cuka putih.
Cuka putih/Freepik

Selain menggunakan garam, bisa juga menambahkan cuka pada air rendaman. Sebaiknya, gunakan cuka putih atau cuka sari apel. Namun, tidak boleh merendam kaki pada larutan cuka jika ada luka atau goresan karena cuka dapat membuat iritasi luka yang terbuka.

4. Mengganti sol sepatu

Ilustrasi mengganti sol sepatu.
Ilustrasi mengganti sol sepatu/Freepik

Sol sepatu bisa diganti dengan sol antibakteri yang mampu mengurangi bau kaki. Cara lainnya, gunakan semprotan antibakteri pada sol sepatu. Namun, menggunakan semprotan membuat sol sepatu tidak benar-benar kering sehingga kurang efektif.

5. Sering pakai kaus kaki

Memakai kaos kaki.
Memakai kaos kaki/Freepik

Memakai kaus kaki setiap saat dapat membantu mengurangi bau kaki. Kaus kaki, terutama yang terbuat dari bahan penyerap keringat, mampu mengurangi bau. Dengan memakai kaus kaki yang mampu menyerap keringat, kamu tak perlu khawatir sepatu dan kakimu mengeluarkan bau tak sedap.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id