sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Cara Membuat DIY Masker Alami Sesuai Jenis Kulit

Esra Dopita | Selasa, 17 Nov 2020 17:30 WIB
5 Cara Membuat DIY Masker Alami Sesuai Jenis Kulit
caption

Masker adalah salah satu produk perawatan kulit atau skincare yang banyak digemari kaum Hawa. Masker memiliki banyak khasiat yang disesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit. Mulai dari, melembapkan, mengatasi iritasi, menghilangkan jerawat, hingga mencerahkan dan membuat kulit glowing.

Ada banyak merek masker di pasaran. Namun, kamu bisa membuat sendiri masker wajah menggunakan bahan-bahan alami sesuai kebutuhan kulit. Nah, berikut ini do it your self (DIY) masker wajah dari bahan alami di rumah. 

Kunyit untuk Kulit Jerawat

Masker dengan kandungan kunyit cocok untuk kulit yang rentan berjerawat lantaran kunyit bersifat antiperadangan alami. Campurkan kunyit dengan madu yang bersifat antibakteri, antimikroba, juga membantu penyembuhan kulit.
https://unsplash.com/@tspoonphoto

Kulit yang rentan berjerawat membutuhkan perawatan ekstra. Penumpukan minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang menyumbat pori-pori menjadi penyebab munculnya jerawat. Jenis masker wajah yang menenangkan kulit dan antibakteri menjadi pilihan tepat.

Kamu bisa membuat DIY masker menggunakan kunyit dicampur madu. Kunyit bersifat antiperadangan alami, sedangkan madu bersifat antibakteri, antimikroba, juga membantu penyembuhan kulit.

Untuk memanfaatkannya, siapkan setengah sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok makan madu. Campurkan kunyit serta madu hingga menyatu seperti pasta, lalu oleskan ke wajah dengan kuas. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat. 

Madu untuk Kulit Sensitif

Madu berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, dan menenangkan kulit. Madu cocok untuk kulit sensitif.
https://unsplash.com/@storiesbysoph

Kulit sensitif juga membutuhkan perawatan ekstra. Madu berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, dan menenangkan. Kamu bisa mencampurnya dengan teh hijau serta minyak almond atau minyak jojoba. Teh hijau mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Pastikan menggunakan teh hijau murni dan tidak mengandung pemanis atau aditif.

Siapkan satu sendok teh hijau bubuk, satu sendok makan madu, satu sendok teh minyak almond atau minyak jojoba. Campur ketiga bahan hingga halus seperti pasta. Oleskan ke wajah menggunakan kuas dan biarkan selama 15 menit serta bilas dengan air hangat. 

Alpukat untuk Kulit Kering

Masker berbahan alpukat kaya akan lemak baik, dicampur madu kaya antioksidan, serta minyak alami kacang almond sebagai pengelupas lembut, membersihkan kulit mati, dan kotoran.
https://unsplash.com/@kimzifi

Kulit kering perlu memakai masker yang mengandung kelembapan lebih. Masker berbahan alpukat kaya akan lemak baik, dicampur madu yang kaya antioksidan, serta minyak alami kacang almond sebagai pengelupas lembut, membersihkan kulit mati, dan kotoran.

Siapkan seperempat buah alpukat yang sudah dihaluskan, dua sendok makan madu, juga dua sendok makan almond yang digiling halus. Campur semua bahan menjadi satu, lalu oleskan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. 

Pisang untuk Kulit Berminyak

Pisang kaya kalium, serat, antioksidan, silika, vitamin B6, dan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit. Pisang membantu menyerap minyak berlebih.
https://unsplash.com/@shootdelicious

Kulit berminyak juga perlu pelembap. Campuran antara pisang, melon, dan minyak zaitun cocok untuk kulit berminyak. Pisang kaya kalium, serat, antioksidan, silika, vitamin B6, dan vitamin C yang baik untuk kulit. Pisang membantu menyerap minyak berlebih.

Lemon berkhasiat membersihkan wajah serta minyak zaitun ekstra virgin akan menambah kelembapan. Siapkan satu buah pisang yang sudah dihaluskan, 10 tetes jus lemon, satu sendok teh minyak zaitun ekstra virgin. Campur pisang, jus lemon, dan minyak zaitun hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah menggunakan kuas dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

Lidah Buaya untuk Kulit Iritasi 

Kaya dengan vitamin A dan C, antioksidan, serta enzim, lidah buaya sangat bagus untuk kulit kering juga iritasi.
https://unsplash.com/@thaycorreia

Kaya vitamin A dan C, antioksidan, serta enzim, lidah buaya baik bagi kulit kering juga bersisik. Enzim membantu mengelupas kulit dengan lembut dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan iritasi kulit.  Kamu bisa kombinasikan lidah buaya bersama pisang dan minyak almond.

Siapkan satu buah pisang yang telah dihaluskan, dua sendok makan gel lidah buaya, serta tiga sendok teh minyak almond. Campurkan pisang dan lidah buaya hingga halus, lalu tambahkan minyak almond serta aduk rata. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Pilihan Redaksi
    (kik/kik)

    Our Sister Site

    mommyasia.id