sign up SIGN UP

5 Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah, Dijamin Efektif dan Nggak Mahal!

Ayuliy Lestari | Rabu, 30 Jun 2021 08:30 WIB
5 Cara Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah, Dijamin Efektif dan Nggak Mahal!
caption

Mengembalikan kesehatan kulit wajah, nggak harus dengan skincare mahal atau treatment-treatment kecantikan khusus lho! Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat.

Nggak harus serangkaian perawatan wajah jika memang tidak memiliki banyak waktu karena aktivitasmu yang padat, Ladies. Kamu bisa memulainya dari hal-hal basic yang terkadang sering disepelekan berikut!

1. Cuci Muka dengan Pembersih Wajah yang Lembut dan Sesuai Jenis Kulit

kesehatan kulit wajah
Kesehatan kulit wajah/freepik.com

Rutin membersihkan wajah tak hanya mengangkat kotoran yang menempel akibat paparan polusi, sinar matahari dan keringat, namun juga membantu memperbaiki tekstur dan struktur kulit serta mencegah penuaan dini.

Nggak boleh sembarangan, kamu juga perlu memilih facial wash yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Bisa juga dengan memilih jenis pembersih wajah yang formulanya ringan dengan kadar keasaman (pH) seimbang sehingga cocok untuk semua tipe kulit.

Namun perlu dicatat, sebaiknya mencuci muka tidak lebih dari dua kali sehari, terutama untuk pemilik kulit kering ya, Ladies.

2. Selalu Pakai Tabir Surya Minimal SPF 30

kesehatan kulit wajah
Mengembalikan kesehatan kulit wajah/freepik.com

Entah beraktivitas di dalam atau luar ruangan, pastikan kamu sudah melindungi kulit dengan tabir surya. Kulit yang terlalu sering terpapar radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) berpotensi mengalami kerusakan seperti kulit kusam, muncul flek hitam, hingga keriput.

Paparan sinar UV yang berlebihan bahkan juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. So, jaga kesehatan kulit wajah kamu dengan rutin menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih, paling tidak 15 menit sebelum keluar ruangan.

Jangan lupa, meskipun kamu sedang WFH atau berada di dalam ruangan, kamu juga perlu pakai tabir surya, karena sinar UV bisa menembus kaca.

3. Pakai Pelembap, Apapun Jenis Kulitmu

kesehatan kulit wajah
Kesehatan kulit wajah/freepik.com

Pelembap adalah produk yang bekerja dengan menyegel atau mencegah air keluar dari permukaan kulit di wajah sehingga dapat dijadikan sebagai pelindung kulit, serta menjaganya agar tetap terhidrasi dan sehat.

Kamu bisa menggunakan pelembap dalam 2-3 menit setelah mandi dan mencuci muka agar kandungan di dalamnya lebih efektif. Pastikan kamu memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu, Ladies.

Yups, bahkan kulit berminyak atau kombinasi sekali pun, tetap perlu menggunakan pelembap. Kamu bisa memilih yang berbahan dasar air untuk kulit normal atau kombinasi dan berminyak, pelembab yang mengandung shea butter untuk kulit kering dan pelembab yang berbahan ringan serta memiliki label hypoallergenic untuk kulit sensitif.

4. Minum Banyak Air Putih, Ampuh Mengembalikan Kesehatan Kulit Wajah

kesehatan kulit wajah
Kesehatan kulit wajah/freepik.com

Sudah jadi rahasia umum bahwa air putih merupakan salah satu kunci utama dalam mengembalikan kelembapan kulit. Dengan minum setidaknya 8 gelas air putih sehari, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan zat-zat beracun yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh, termasuk kulit, Ladies.

Jika selama ini kamu lebih memilih minuman manis, bersoda dan berkafein, sebaiknya cobalah untuk membiasakan diri dengan meminum air putih agar kulit wajah menjadi lebih sehat dan lembab.

5. Perbaiki Pola Makan dan Pola Tidur

kesehatan kulit wajah
Kesehatan kulit wajah/freepik.com

Apa yang masuk ke dalam tubuh akan terpancar pada penampilan fisik kamu, terutama kulit wajah, Ladies. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi banyak buah-buahan, sayur-mayur, biji-bijian dan sumber protein.

Sebaiknya kamu mulai menghindari makanan yang mengandung banyak lemak jahat agar tubuh dan kulit wajah tetap sehat.

Selain asupan gizi, pola tidur juga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Bahkan tidur cukup bisa memperbaiki sistem imun dan kadar hormon stres di dalam tubuh sehingga nantinya masalah kulit seperti jerawat, peradangan sehingga eksim akan berkurang.

Jika cara-cara di atas kamu lakukan dengan benar dan konsisten, tak perlu perawatan yang mahal, kamu pasti berhasil mengembalikan kesehatan kulit wajah, Ladies.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id