sign up SIGN UP

5 Kandungan Skincare Alternatif Selain Retinol untuk Anti-Aging yang Aman, Cocok buat Kulit Sensitif

Ratih Dewi | Sabtu, 13 Nov 2021 20:00 WIB
5 Kandungan Skincare Alternatif Selain Retinol untuk Anti-Aging yang Aman, Cocok buat Kulit Sensitif
caption

Retinol merupakan kandungan aktif pada skincare yang berasal dari vitamin A dan banyak digunakan sebagai anti-aging, dengan meningkatkan elastisitas kulit wajah, meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki tekstur kulit wajah. 

Sayangnya, tidak semua kulit wajah cocok dengan kandungan retinol. Dalam beberapa kasus, wanita yang memiliki tipe kulit sensitif akan merasakan efek yang kurang nyaman, seperti rasa gatal, kemerahan, bahkan iritasi jika kandungan retinol terlalu tinggi presentasenya. 

Buat Beauties yang memiliki tipe kulit sensitif tapi mau mencoba retinol untuk anti-aging, Beautynesia sudah merangkum beberapa kandungan alternatif yang memiliki sifat anti-aging dan aman digunakan untuk kulit sensitif. Cek selengkapnya berikut ini, yuk!

1. Peptides

Kandungan Peptides
Kandungan Peptides/Foto : pexels.com/Jill Burrow

Mungkin Beauties tidak asing dengan kandungan satu ini dan sudah banyak digunakan sebagai kandungan utama pada produk skincare, baik produk lokal, Korea, ataupun lainnya dalam bentuk toner wajah, serum, pelembap, bahkan eye cream.

Melansir dari laman New Beauty, peptides bekerja dengan mengganti elastin dan kolagen yang rusak di kulit wajah dengan yang baru, untuk meningkatkan elastisitas kulit wajah, mengurangi garis halus, dan membuat kulit wajah lebih kencang. 

2. Bakuchiol 

Kandungan Bakuchiol
Kandungan Bakuchiol/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Sekarang ini, banyak produk lokal yang merilis produk skincare terutama serum wajah dengan bakuchiol sebagai kandungan utama. Kandungan ini berasal dari tanaman babchi yang memiliki fungsi sama dengan retinol, untuk meregenerasi sel kulit wajah, mengurangi kerutan di kulit, dan kaya akan antioksidan juga anti-inflamasi. 

Dokter kulit Joshua Zeichner yang berbasis di NYC juga menjelaskan, bakuchiol bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan pergantian sel di kulit wajah tanpa menyebabkan iritasi kulit. Demikian yang dilansir dari laman Harpers Bazaar. 

3. Rosehip Oil 

Kandungan Rosehip Oil
Kandungan Rosehip Oil/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Melansir dari laman Marie Clarie, rosehip oil mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, E, dan A yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan garis halus di kulit wajah. Dibanding kandungan anti-aging lainnya, rosehip oil bekerja sedikit lama dan harus rutin untuk hasil yang maksimal. 

Kandungan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk penyembuhan kulit, mengencangkan kulit wajah, dan menutrisi kulit wajah karena kandungan vitaminnya, agar lebih sehat dan glowing

4. Niacinamide

Kandungan Niacinamide
Kandungan Niacinamide/Foto : pexels.com/Mathilde Langevin

Tidak hanya sebagai kandungan untuk mencerahkan kulit wajahniacinamide juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas, mengatasi jerawat, merawat kulit menjadi lebih sehat. 

Niacinamide yang merupakan bentuk dari vitamin B3 ini memiliki efek samping yang sangat sedikit atau hampir tidak ada dan aman digunakan untuk segala jenis kulit wajah, termasuk kulit sensitif.

Kandungan ini juga termasuk salah satu kandungan yang aman digabungkan dengan kandungan aktif lainnya. Demikian yang dilansir dari laman SELF. 

5. Glycolic Acid 

Kandungan Glycolic Acid
Kandungan Glycolic Acid/Foto : pexels.com/Jill Burrow

Selain sebagai kandungan untuk eksfoliasi kulit wajah, glycolic acid juga memiliki sifat yang sama seperti retinol. Seperti yang dilansir dari laman Hello Giggles, salah satu kandungan acid ini bekerja dengan mengangkat sel kulit mati, menstimulasi kolagen untuk anti-aging, dan mencegah jerawat. 

Dokter kulit yang bersertifikasi di kota New York, Rose Murphy menjelaskan, ada beberapa kandungan yang tidak boleh dipakai bersamaan dengan glycolic acid, seperti retinol, vitamin C, atau kandungan eksfoliasi lainnya. 

Jika digunakan bersamaan bisa membuat kulit wajah lebih sensitif terhadap sinar matahari, menyebabkan iritasi, dan membuat skin barrier tidak berfungsi dengan baik. 

-------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id