sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Hormon Wanita Dalam Tubuh

Mellisa | Kamis, 11 Jun 2015 05:00 WIB
5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Hormon Wanita Dalam Tubuh
caption
Hormon pada wanita sangat berpengaruh pada kecantikan dan peremajaan kulit. Berfungsi sebagai penghasil kolagen, menjaga kelembaban kulit, rambut, dan juga kuku. Tetapi, hormon pada wanita sangat rentan dengan perubahan kondisi serta kebiasaan yang dilakukan oleh tubuh. Hati-hati, kebiasaan yang salah dapat mengakibatkan penurunan kadar hormon dalam tubuh yang juga memberikan dampak buruk bagi kecantikan.

1. Pola Makan Tidak Seimbang


Kebiasaan makan junk food serta pola makan dengan gizi yang tidak seimbang dapat merusak keseimbangan hormon di dalam tubuh. Saat sedang menjalankan diet ataupun sedang sibuk kamu perlu memperhatikan pola makan agar kamu tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Sebagian besar orang yang berdiet pasti selalu mengandalkan sayuran sebagai asupan utama karena bernutrisi tinggi dan rendah kalori. Namun terus menerus mengkonsumsi sayuran tanpa didampingi asupan lainnya juga tidak baik. Cobalah untuk memilih asupan yang lebih bervariasi sehingga nutrisi yang kita dapatkan juga lebih banyak.
Foto: https://www.allmaxnutrition.com/post-articles/supplements/10-tips-to-help-control-your-hunger/
Kedelai merupakan salah satu bahan makanan yang direkomendasikan karena mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan fungsi hormon wanita dalam tubuh.
Isoflavon memiliki sifat seperti hormon estrogen dan paling banyak ditemukan pada kedelai dan produk kedelai.https://www.amazine.co/9831/tips-diet-sehat-5-makanan-sumber-isoflavon/

2. Tidur Terlalu Malam dan Kurang Tidur


Tidur terlalu larut dan kurang tidur merupakan musuh terbesar bagi kulit cantik. Jika fungsi otak menurun maka sekresi hormon akan terganggu, sehingga fungsi otak dan tubuh pun akan menurun.
Foto: https://haircare-navi.net/category1/suimin.html
Selain kualitas tidur yang akan menurun, hal ini juga akan mempengaruhi hormon pertumbuhan dan metabolism tubuh, sehingga berpengaruh buruk terhadap kecantikan kulit.
Tubuh akan melepaskan hormon kortisol ketika kita tidak cukup tidur. Hormon tersebut bertanggung jawab untuk memicu stres, memicu peradangan tubuh, dan merusak kulit. Jadi, tidak bisa dianggap salah apabila tidur merupakan penyebab banyak masalah kulit.https://lifestyle.liputan6.com/read/2191681/6-dampak-kurang-tidur-bagi-kecantikan-kulit?p=0

3. Kekurangan Carian Tubuh


Saat tubuh kekurangan cairan maka aliran darah akan terhambat dan keseimbangan hormon wanita akan mudah rapuh. Oleh karena itu, agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan minum sekitar 2 liter air putih setiap harinya. Jadi, ayo minum air putih yang cukup setiap hari agar metabolisme tubuh tetap terjaga!
Foto: https://matome.naver.jp/odai/2143271094418053301
Hasil penelitian di University of Oregon, AS yang dimuat dalam jurnal Appetite juga menunjukkan, air putih bisa mempengaruhi pemilihan makanan. Pada penelitian itu, responden yang minum air putih, lebih banyak mengonsumsi sayuran, seperti wortel dan paprika, dibanding mereka yang minum minuman manis.https://www.womenshealth.co.id/nutrition/nutrisi/minum.air.putih.mempengaruhi.kecantikan.anda/003/002/53

4. Udara Dingin


Jangan anggap remeh udara dingin! Kita juga harus berhati-hati terhadap hawa dingin yang disebabkan oleh cuaca ataupun pendingin ruangan. Saat tubuh merasa kedinginan maka kondisi tubuh akan menurun dan keseimbangan hormon pun akan mudah terganggu.
Foto: https://googirl.jp/lifestyle/1311hienobose872/
Jika kamu sering beraktivitas di dalam ruangan ber-AC pastikan untuk selalu memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh karena AC memiliki dampak buruk terhadap kecantikan kulit.
Pendingin udara ruangan ini bekerja dengan menyerap air dari udara, dan sekalikgus akan mengambil lapisan luar epidermis kulit. Jika hal ini berlangsung terus-menerus secara konstan, kulit akan kehilangan air atau kelembaban. Dengan demikian, minimnya penggantian air pada jaringan kulit bisa menyebabkan kulit mengelupas, kering dan pecah-pecah.https://www.tipscaraterbaik.com/dampak-buruk-sering-berada-diruang-ber-ac.html

5. Merokok


Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh merokok juga memberikan dampak buruk terhadap kecantikan kulit. Dengan merokok maka hormon wanita akan terurai dan mengganggu sekresi hormon wanita yang baru.
Foto: https://otomehack.jp/smoking_twins_photo/
Kandungan nikotin di dalam rokok dapat meyebabkan aliran darah terganggu sehingga metabolisme akan terhambat dan nutrisi tidak dapat diserap dengan baik oleh kulit.
Merokok menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit yang membuat Anda jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Menghalangi kulit mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi. - dr. Nipun Jain, dermatologist dari Sri Balaji Action Medical Institutehttps://wolipop.detik.com/read/2013/05/26/120137/2256015/1135/efek-negatif-merokok-bagi-kecantikan-rambut--kulit
Kebiasaan merokok dapat menjauhkanmu dari kulit cantik, so stop smoking now!
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id