sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kesalahan Merawat Wajah Ini Bikin Usahamu Sia-sia!

Ayuliy Lestari | Jumat, 11 Sep 2020 21:30 WIB
5 Kesalahan Merawat Wajah Ini Bikin Usahamu Sia-sia!
caption

Polusi dan sinar matahari memang sangat mengganggu kesehatan kulit terutama bagian wajah. Padahal perempuan selalu menginginkan kulit yang sehat, bersih dan cerah. Tak heran jika banyak sekali produk kecantikan yang laris manis di pasaran. 

Selain memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit, kamu pun harus mengerti tahapan-tahapan perawatan kulit yang benar. Banyak sekali perempuan yang tanpa sadar melakukan kesalahan saat merawat kulit sehingga membuat usahanya memakai beragam produk kecantikan menjadi sia-sia.

Apakah kamu salah satunya? Simak yuk kesalahan seperti apa yang harus dihindari!


1. Agresif Saat Cuci Muka

Kesalahan dalam merawat wajah
Facial wash/pexels.com

Kesalahan yang paling sering dilakukan perempuan saat merawat kulit wajah adalah terlalu agresif atau bersemangat saat mencuci muka. Mungkin kamu pun salah satunya, karena berpikir bahwa mencuci muka dengan keras bisa membuat kotoran yang ada pada wajah terangkat lebih cepat.

Padahal mencuci muka terlalu agresif bisa membuat sel kulit yang seharusnya menetap di wajah ikut terangkat. Akibatnya kulit tidak memiliki sel pelindung, jadi wajah kamu akan sangat sensitif bahkan terkelupas.

2. Terlalu Sering Mencoba Produk Baru

Kesalahan saat merawat wajah
Skincare/pexels.com

Memang saat ini banyak produk-produk kecantikan baru dengan kandungan yang menarik. Kadang juga dikemas dengan cantik dan harganya sangat terjangkau. Sebelum tertarik membelinya, cobalah berpikir ulang, apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya ingin berbelanja saja. 

Apalagi ketika kamu sedang menggunakan satu produk sebagai perawatan sehari-hari dan sudah merasa cocok, sebaiknya urungkan saja niat kamu membeli produk baru. Karena berganti-ganti skincare justru membuat kerja produk tidak maksimal bahkan bisa memunculkan keluhan-keluhan baru pada kulit wajah.

3. Menggunakan Face Scrub Terlalu Sering

Kesalahan merawat wajah
Scrub/pexels.com

Kulit wajah memang membutuhkan produk scrub agar lebih bersih karena scrub membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran. Tapi jika kamu terlalu sering menggunakan face scrub apalagi dilakukan setiap hari, akan banyak keluhan baru yang muncul seperti kulit wajah kering, sensitif atau malah memerah.

Face scrub sebaiknya dilakukan 2 minggu sekali dan tentu saja dengan cara yang benar. Hindari menggosok wajah terlalu kencang apalagi butiran scrub bisa saja melukai kulit wajah ketika kamu terlalu agresif menggunakannya

4. Membersihkan Wajah Tanpa Cleansing

Kesalahan merawat wajah
Cleansing/pexels.com

Dibanding mencuci muka dengan agresif atau menggunakan face scrub terlalu sering, lebih baik kamu rutin menggunakan cleansing sebelum mencuci muka. Sabun wajah mungkin membersihkan secara menyeluruh tapi penggunaan cleansing juga sangat membantu.

Terutama untuk kamu yang sering menggunakan makeup, jadi nantinya kotoran dan makeup bisa terangkat dengan sempurna. Apalagi saat ini banyak sekali cleansing dengan kandungan ringan tapi ampuh membersihkan kulit.

5. Melupakan Sunscreen

Kesalahan merawat wajah
Sunblock/pexels.com

Banyak perempuan yang malas menggunakan sunscreen apalagi merasa tidak berkegiatan di luar ruangan. Perlu kamu tahu bahwa sinar UV bisa menembus kaca jadi meskipun di dalam rumah, pastikan kamu tetap menggunakan sunscreen. 

Apalagi ketika kamu sedang berkegiatan di luar ruangan, disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen setiap 4 jam sekali karena sunscreen memiliki perlindungan maksimal dan bertahan selama 4 jam saja.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan perempuan saat merawat kulit wajahnya. Jadi mulai sekarang perbaiki cara kamu merawat kulit agar skincare yang kamu pakai tidak sia-sia, Ladies!

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id