sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Kesalahan Pakai Toner Eksfoliasi Perlu Dihindari

Budi Rahmah Panjaitan | Rabu, 07 Apr 2021 08:30 WIB
5 Kesalahan Pakai Toner Eksfoliasi Perlu Dihindari
Foto: Kesalahan Menggunakan Exfoliating Toner/Freepik.com

Salah satu jenis toner yang bisa ditemukan saat ini adalah exfoliating toner. Sesuai dengan namanya, exfoliating toner ini diperuntukkan untuk membantu eksfoliasi pada kulit supaya sel-sel kulit mati bisa terangkat. Apabila sel-sel kulit mati terangkat, maka wajah bisa tampak lebih cerah dan sehat. 

Namun, meskipun exfoliating toner memiliki manfaat yang bagus wajah, bukan berarti cara pemakaiannya bisa sesuka hati. Ladies perlu mengetahui beberapa kesalahan pakai exfoliating toner dan segera menghindarinya. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menggunakan Secara Berlebihan

Menggunakan exfoliating toner secara berlebihan harus dihindari/freepik.com
Menggunakan secara berlebihan/freepik.com

Ladies, pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Hal ini juga yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan produk exfoliating toner. Menggunakan exfoliating toner secara berlebihan berpotensi membuat kulit kering.

Hal ini dikarenakan terjadinya over exfoliating. Alih-alih sel kulit mati yang terangkat, kulit kamu malah menipis dan iritasi karena menggunakan exfoliating toner secara berlebihan. Untuk itu, takaran dan frekuensi pemakaian exfoliating toner ini harus benar-benar diperhatikan ya. Teliti lah membaca petunjuk pemakaian serta mencari tahu kesesuaiannya dengan jenis kulit kamu.

2. Melanjutkan Pemakaian saat Kulit Mengelupas

Melanjutkan pemakaian toner saat kulit sudah mengelupas/freepik.com
Melanjutkan pemakaian toner/freepik.com

Apabila pemakaian exfoliating toner mulai menimbulkan reaksi pengelupasan, bisa jadi itu adalah kode untuk segera menghentikan pemakaian. Pengelupasan sendiri apabila dibiarkan berpotensi untuk membuat kulit teriritasi.

Oleh sebab itu, kamu tidak boleh cuek apabila kulit tampak mengelupas usai memakai exfoliating toner, ya. Selain itu, pengelupasan yang terjadi juga menjadi salah satu ciri-ciri over exfoliating. Langkah terbaik yang bisa dilakukan ialah segera menghentikan pemakaian exfoliating toner yang bersangkutan.

3. Memakai Produk Exfoliating Toner Berbeda secara Bersamaan

Memakai exfoliating toner berbeda secara bersamaan/freepik.com
Memakai exfoliating toner/freepik.com

Kesalahan memakai exfoliating toner berikutnya yang tidak bisa dianggap sepele adalah memakai produk exfoliating toner berbeda secara bersamaan. Mungkin saja awalnya hal ini kamu lakukan karena berpikir bahwa semakin banyak produk yang digunakan, maka akan semakin baik hasilnya.

Namun pada kenyataannya, hal ini tidak dianjurkan bahkan dilarang. Memakai dua produk exfoliating toner berbeda secara bersamaan akan menaikkan level eksfoliasi sehingga risiko terjadinya iritasi semakin besar. Apabila dibiarkan, tentu saja bisa merusak kulit.

4. Memakai Exfoliating Toner dan Retinol Bersamaan

Menggabungkan pemakaian exfoliating toner dan retinol/freepik.com
Menggabungkan pemakaian/freepik.com

Sebagaimana yang diketahui, exfoliating toner memang dibuat untuk dapat mengeksfoliasi kulit dengan baik. Oleh sebab itu, level eksfoliasi yang dihasilkan pun cukup kuat. Di lain sisi, kemampuan eksfoliasi yang tidak kalah kuat juga dimiliki retinol.

Oleh sebab itu, memakai exfoliating toner dan retinol secara bersamaan bukanlah ide yang bagus. Apabila dipakai secara bersamaan, potensi wajah iritasi akan semakin tinggi. Tidak hanya itu, kandungan acid di dalam exfoliating toner juga bisa menghambat penyerapan retinol.

[Gambas:Instagram]

5.Tidak Cermat Memilih Exfoliating Toner

Tidak cermat memilih exfoliating toner dari segi kandungan acid nya/freepik.com
Tidak cermat memilih exfoliating toner/freepik.com

Exfoliating toner memiliki kandungan acid sebagai bahan andalan untuk mengeksfoliasi kulit. Biasanya, produk exfoliating toner yang ada di pasaran mengandung acid dengan takaran atau level yang berbeda.

Adapun kandungan yang sering ditemukan dalam exfoliating toner adalah BHA, AHA, PHA, salicylic acid dan glycolic acid. Untuk itu, sebelum membeli exfoliating toner, perlu dicermati dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Apabila kulit kamu cenderung sensitif, maka pilihlah kandungan acid yang lembut seperti PHA.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id