sign up SIGN UP

5 Langkah Penggunaan Serum Wajah yang Benar untuk Hasil Maksimal

Arum Narwastu | Senin, 06 Sep 2021 19:00 WIB
5 Langkah Penggunaan Serum Wajah yang Benar untuk Hasil Maksimal
serum wajah/ foto: freepik.com/freepik
Jakarta -

Memakai serum wajah memang penting sebagai langkah menjaga kesehatan kulit wajah. Tapi, penggunaan serum harus dilakukan dengan benar, ya. Pilihlah serum yang tepat dan perhatikan juga cara pengaplikasiannya.

Berikut ini adalah 5 langkah penggunaan serum wajah yang benar agar hasilnya maksimal pada kulit. Kamu perlu mengetahui tips ini karena serum wajah ada beragam jenisnya. Misalnya saja, serum Wardah yang punya 5 jenis untuk memenuhi kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Jadi, baca tips ini sampai habis!

1. Pilih Jenis Serum yang Tepat

Biasanya, masalah kulit pada seseorang bukan hanya satu. Kalau kamu punya beberapa masalah kulit sekaligus, maka pilihlah serum yang bisa mengatasi permasalahan dominan pada kulitmu.

Misalnya, kalau kamu punya tekstur kulit yang berkerut atau memiliki noda hitam akibat penuaan, maka pilihlah serum yang mengandung retinol. Retinol memang dikenal sebagai serum yang bisa mengatasi masalah kulit karena bertambahnya usia. Jangan menunggu usia kamu masuk ke usia 30an atau 40an. Retinol sebaiknya dipakai pada usia 20an supaya masalah kulit akibat penuaan lebih mudah diatasi.

Sedangkan kalau masalah kulit yang dialami akibat polusi atau kondisi lingkungan, pilihlah serum dengan kandungan vitamin C. Sudah jadi rahasia umum kalau vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas. Jadi, kamu bisa menggunakan serum vitamin C untuk memperbaiki kondisi kulit dan melindunginya.

Menggunakan serum retinol untuk usia 40-an/ Foto: Freepik.comserum/ Foto: Freepik.com

2. Bersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah jadi langkah awal yang sangat penting dalam perawatan wajah. Setelah membersihkan makeup, cuci wajah dengan facial wash. Membersihkan wajah dengan dua langkah sangat disarankan agar makeup dan kotoran terangkat sempurna.

Kulit yang bersih akan memudahkan serum untuk meresap ke lapisan kulit yang lebih dalam. Serum pun bisa bekerja dengan lebih maksimal. Jadi, pastikan kulit kamu bersih sebelum memakai serum, ya. Bahkan, walaupun kamu nggak pakai makeup seharian, tetap bersihkan wajah dengan 2 langkah karena debu dan kotoran yang tak terlihat bisa saja menempel di kulitmu.

3. Gunakan Serum Secukupnya

Tidak perlu memakai skincare secara berlebihan. Cukup pakai dua tetes saja lalu aplikasikan ke wajah. Bahan aktif pada serum memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan skincare lain. Jadi, menggunakan serum terlalu banyak justru akan membuat kulit berminyak.

Daripada boros memakai serum tapi tidak ada hasil memuaskan, lebih baik pakai sesuai takaran. Kalau hasil yang diinginkan belum langsung terlihat, itu karena penggunaan harus digunakan berulang dan bukan karena takaran yang kurang banyak.

Baca instruksi pemakaian pada kemasan atau cari informasi dari situs perusahaan yang memproduksinya. Selain itu, pada beberapa serum wajah yang berfungsi memperbaiki kondisi kulit, konsentrasi bahan aktifnya bisa jadi lebih tinggi dari serum yang dijual bebas. Menggunakan serum wajah seperti ini dengan takaran yang banyak dapat merusak kulit.

Beralih ke Serum Vitamin CSerum/ Foto: Freepik.com

4. Gunakan Serum yang Benar

Penggunaan serum memang sedikit berbeda dengan produk perawatan lainnya. Serum dipakai dengan diteteskan langsung ke wajah tanpa menggunakan kapas.

Ratakan dengan cara menepuk perlahan serum ke kulit wajah secara merata, lalu pijat wajah perlahan dari tengah menuju ke rambut. Langkah ini untuk menguraikan serum agar mudah diserap kulit.

Pakai serum saat kulit masih lembap setelah mencuci wajah ya, Beauties. Jangan memakai serum pada kulit yang kering karena proses penyerapannya akan terhambat. Lebih baik lagi kalau kamu menggunakan toner setelah mencuci muka untuk membersihkan kotoran yang masih tersisa. Selain itu juga, toner bisa membantu melembabkan kulit wajah.

5. Lanjutkan dengan Produk Perawatan Lainnya

Setelah menggunakan serum, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit lainnya. Penggunaan produk perawatan ini juga harus disesuaikan dengan waktu dan kebutuhan.

Kalau kamu menggunakan serum di pagi hari, maka lanjutkan dengan pelembab dan sunscreen. Selanjutnya baru gunakan primer, foundation, dan makeup lainnya. Sementara kalau kamu memakai serum di malam hari, lanjutkan dengan menggunakan krim mata dan pelembab.

Serum untuk kulit berminyakSerum/ Freepik.com


Bahan Aktif yang Ada pada Serum Wajah

Sebagaimana disinggung sebelumnya, serum wajah mengandung bahan aktif untuk membantu perbaikan kondisi kulit. Berikut adalah beberapa bahan aktif yang ada pada serum.

1. Vitamin C

Banyak produk perawatan kulit yang memasukkan vitamin C sebagai bahan aktifnya. Vitamin C sendiri berfungsi melindungi kulit dari polutan dan sengatan matahari. Penggunaan serum dengan vitamin C bisa mencegah terjadinya penuaan dini serta timbulnya bintik-bintik hitam pada kulit.

2. Retinol

Sebenarnya retinol merupakan turunan dari vitamin A. Retinol berfungsi mengurangi kerutan halus dan bintik-bintik pada kulit. Sebaiknya penggunaan serum wajah dengan retinol digunakan pada malam hari, karena bahan ini bisa membuat kulit sensitif terhadap matahari.

3. Benzoil Peroksida

Bahan benzoil peroksida berguna untuk kulit berjerawat. Bahan ini berfungsi untuk mencegah peradangan dan membunuh bakteri.

4. AHA dan BHA

Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati. Serum ini menjadikan kulit wajah menjadi lebih bersih dan cerah. Penggunaan serum wajah dengan bahan ini sebaiknya tidak dicampur dengan serum wajah dengan retinol. Hal ini karena wajah bisa menjadi kering dan terkelupas atau kemerahan.

Penjelasan mengenai serum wajah di atas pastinya bisa menjadi referensi penting untuk perawatan kecantikan kamu. Temukan berbagai serum wajah dengan cepat dan mudah di platform Blibli. Tidak hanya lengkap pilihannya, melainkan juga lengkap informasi tentang kegunaannya. Kamu bisa merasa lebih aman berbelanja walaupun berbelanja online.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id