sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Manfaat Probiotik untuk Kulit yang Perlu Kamu Ketahui

Dimitrie Hardjo | Kamis, 08 Apr 2021 11:15 WIB
5 Manfaat Probiotik untuk Kulit yang Perlu Kamu Ketahui
Manfaat probiotik untuk kulit. Foto: freepik.com
Jakarta -

Probiotik sudah menjadi salah satu kandungan andalan yang tidak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga untuk kesehatan kulit. Probiotik itu sendiri ialah mikroorganisme, seperti bakteri, yang biasa terdapat dalam usus. Mereka mempunyai banyak fungsi yang bermanfaat bagi tubuh, sebagai contoh, untuk produksi serotonin, melancarkan pencernaan, dan memberikan perlindungan dari penyakit serta infeksi.

Bakteri baik probiotik yang juga menjadi anti-inflammatory usus ini juga bisa kamu temukan pada produk skincare saat ini. Beberapa orang juga sudah merasakan manfaatnya ketika mereka menggunakan skincare dengan kandungan bakteri baik yang biasa ditemukan di banyak makanan dan minuman ini. Namun, apa saja ya manfaat yang bisa dirasakan kulit setelah menggunakan produk dengan probiotik tersebut? Yuk, cari tahu apa saja dengan baca di bawah ini, Ladies!

1. Membantu mengatasi banyak permasalahan kulit

Mengatasi berbagai permasalahan kulit.
Mengatasi berbagai permasalahan kulit. Foto: freepik.com

Probiotik dapat mengoptimalkan penyembuhan kulit. Jika kulitmu mempunyai permasalahan jerawat, ruam, eczema, psoriasis, rosacea, dan sebagainya, maka probiotik in bisa menyelamatkan kondisi kulitmu dengan membuatnya lebih halus dan meratakan warnanya.

2. Memperkuat skin barrier

Meningkatkan skin barrier.
Meningkatkan skin barrier. Foto: freepik.com

Bakteri baik ini juga akan membentuk perlindungan terhadap bakteri jahat yang bisa merusak kulitmu, lho! Dengan kata lain, skin barrier kamu akan tetap terjaga kekuatannya sehingga mampu melindungi kulit dari faktor eksternal yang berbahaya.

3. Meningkatkan hidrasi kulit

Meningkatkan hidrasi.
Meningkatkan hidrasi. Foto: freepik.com

Karena skin barrier terjaga oleh karena pengaplikasian rutin probiotik, maka kadar air pun juga akan tetap terjaga. Dengan begini, kulitmu akan senantiasa terhidrasi dengan baik.

4. Mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini.
Mencegah penuaan dini. Foto: freepik.com

Probiotik juga bermanfaat untuk membantu produksi kolagen, memperkuat struktur kulit sehingga turut mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan. Kamu akan tampak lebih awet muda dengan menggunakan kandungan ini, Ladies!

5. Menenangkan kulit

Menenangkan kulit.
Menenangkan kulit. Foto: freepik.com

Penggunaan probiotik pada kulit juga akan membuat kulit lebih tenang karena bersifat anti-inflammatory. Bagi kalian yang memiliki jerawat meradang, mungkin kamu bisa mengaplikasikan probiotik ini dalam rutinitas skincare kamu.

Nah, itu dia 5 manfaat probiotik untuk kulit, Ladies! Banyak juga ya! Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id