sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Intan Dwi | Senin, 08 Jun 2020 15:30 WIB
5 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya
caption

Apakah kamu pernah merasa kulit kamu terlihat sedikit kusam dan kuran cerah? Hal itu mungkin disebabkan karena kamu kesulitan tidur pada malam hari dan membuat waktu tidur kamu terganggu. Namun ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab dari kulit kusam, kira-kira ada apa saja ya?

Kulit Kering dan Dehidrasi

image
Seorang Wanita Memiliki Jenis Kulit Kering/freepik.com

Rupanya kulit kering karena dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab yang membuat kulit wajah tampak kusam. Selain membuat kusam, kulit kering juga menimbulkan garis-garis halus dan kerutan yang terlihat lebih kasar. Kurangnya pelembap, udara yang terlalu kering dan terlalu sering mandi air panas itu semua berkontribusi yang membuat kulit kering.

Karena itu, gunakanlah hydrating cleanser agar kulit tidak kering lagi dan masalah kulit kusam kamu dapat teratasi. Pilihlah hydrating cleanser yang tidak berbusa, karena selain melembapkan biasanya hydrating cleanser juga bisa melembutkan kulit.


Menumpuk Sel Kulit Mati

image
Penumpukan Sel Kulit Mati Juga Menyebabkan Kulit Kusam/freepik.com

Secara alami kulit akan membuang sel-sel kulit mati. Tapi dengan seiring bertambahnya usia itu akan memperlambat laju kerja dari pembuangan sel-sel kulit mati. Dengan lambatnya laju kerja pembuangan sel-sel mati, itu akan membuat sel kulit mati mulai menumpuk. Sehingga kulit yang baru yang segar dan bersinar justru tertutup di balik sel-sel kulit mati.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mengaplikasikan moisturizer pada kulit wajah secara rutin. Menggunakan pelembap lebih baik saat kulit masih sedikit lembap karena itu dapat membantu kelembapan kulit. Gunakanlah setelah mandi saat muka masih sedikit basah dan lakukan pada pagi dan sore hari.

Saat Mengalami Penuaan

image
Saat Memasuki Usia Lanjut Kulit Menjadi Kusam/freepik.com

Dengan bertambahnya usia, maka jumlah pelembap yang diproduksi oleh kulit secara alami akan berkurang yang bersamaan dengan kurangnya produksi kolagen. Sementara itu produksi melanin pun meningkat dan itu yang menimbulkan banyak bintik hitam serta membuat warna kulit tidak merata.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memijat wajah saat mengaplikasikan moisturizer selama beberapa menit dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari. Itu akan membantu kamu mendapatkan kulit yang bercahaya secara alami dan membantu mengempeskan bengkak wajah.

Lingkungan yang Rusak

image
Wanita Memiliki Kulit Kusam yang Disebabkan Kerusakan Lingkungan/freepik.com

Salah satu penyebab kulit kusam ternyata karena faktor lingkungan yang rusak. Jika terlalu sering terkena paparan sinar matahari dan polusi lingkunan nantinya akan menghasilkan radikal bebas di kulit. Hal itu dapat merusak sel dan kelebiha pigmen, kehilangan kolagen bahkan kerusakan kulit.

Cara lain mengatasi masalah ini adalah menunggu moisturizer meresap kulit wajah. Kalau kamu pernah merasakan pelembap tidak benar-benar meresap, itu adalah hal yang biasa terjadi. Hal ini dikarenakan iklim yang kering, karena itu disarankan gunakan pelembap dengan bahan dasar air. Selain itu kamu juga bisa gunakan produk oklusif sebagai tahap terakhir, penggunaannya sama seperti menggunakan krim atau minyak.

Stres

image
Stress Menyebabkan Kulit Kusam/freepik.com

Stres kronis bisa menyebabkan meningkatnya kortisol dalam tubuh dan kulit yang berkontribusi pada peningkatan peradangan kulit. Hal ini tentunya dapa memperburuk kondisi kulit, seperti jerawat, warna kulit tidak merata hingga membuat kulit kusam.

Gunakanlah humidifier untuk meningkatkan kelembapan kulit kamu. Karena di dalam ruangan cenderung kering sehingga dapat menarik kelembapan kulit. Penggunaan humidifier ini dapat menambah kadar air dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id