sign up SIGN UP

5 Perawatan Kulit Jadul Khas Indonesia, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Tim redaksi Hai Bunda | Jumat, 20 Aug 2021 12:45 WIB
5 Perawatan Kulit Jadul Khas Indonesia, Kamu Pernah Coba yang Mana?
caption
Jakarta -

Perawatan kulit tradisional masih sangat diminati di Indonesia. Selain mudah didapat, merawat kulit dengan bahan-bahan alami cenderung lebih aman dan harganya bersahabat. Sejak dulu, perempuan Indonesia sudah memiliki aneka perawatan kulit tradisional, beberapa di antaranya juga masih digunakan sampai sekarang. Ini daftarnya.

Bedak Beras untuk Sunscreen Alami

Perempuan Korea kerap memanfaatkan beras untuk dijadikan masker atau scrub.Perempuan Korea kerap memanfaatkan beras untuk dijadikan masker atau scrub./ Foto: Novianty Aulia

Beras dipercaya sejak dulu dapat melindungi kulit dari terik sinar matahari. Cara menggunakannya, beras yang sudah dicuci direndam air seharian lalu ditumbuk halus hingga menjadi bubuk. Kadang bisa juga ditambah pandan atau bunga agar wangi.

Setelah itu hasilnya diaplikasi di bagian wajah dan leher. Selain menahan sinar matahari, beras juga dipercaya membuat kulit awet muda loh.

Air Dingin Pengganti Toner

. Mandi dengan air panas sama saja seperti memanaskan minyak di kulit yang kemungkinan besar dapat mengemulsi, melarutkan dan benar-benar menghilangkan minyak alami di wajah.. Mandi dengan air panas sama saja seperti memanaskan minyak di kulit yang kemungkinan besar dapat mengemulsi, melarutkan dan benar-benar menghilangkan minyak alami di wajah./ Foto: Intan Dwi

Saat ini kita menggunakan toner untuk menjaga pori-pori dari kotoran hingga ukurannya tidak membesar. Namun perempuan Indonesia zaman dulu menggunakan air dingin untuk membasuh wajah dan menjaga kehalusannya.

Selain itu air dingin juga digunakan untuk membasuh rambut saat keramas untuk mencegah kerontokan.

Sirih untuk Obat Jerawat

Manfaat Air Daun Sirih untuk Kesehatan Mata/Foto: Freepik.comManfaat Air Daun Sirih untuk Kesehatan Mata/Foto: Freepik.com/ Foto: detik

Nggak hanya untuk mengobati batuk, sirih yang memang berfungsi sebagai antiinflamasi (antiradang) sejak dulu digunaka sebagai obat antijerawat. Caranya, rebus sirih dengan air, lalu rendam handuk kecil di dalam air rebusan tersebut. Setelah itu usapkan dengan lembut ke wajah. Tapi ingat Beauties, pastikan wajahmu sudah benar-benar bersih sebelum melakukan ini ya.

Masih ada dua perawatan kulit tradisional yang bisa kamu coba. Cek di sini ya!

(ayk/ayk)

Our Sister Site

mommyasia.id