sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Skincare Jadul yang Masih Eksis Hingga Hari Ini

Sulistiani | Selasa, 14 Apr 2020 10:00 WIB
5 Skincare Jadul yang Masih Eksis Hingga Hari Ini
caption
Skincare saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian wanita di Indonesia. Berbagai merek skincare baru bermunculan namun bukan berarti menggeser eksistensi skincare jadul. Deretan skincare ini pernah berjaya di era 90-an dan masih eksis sampai saat ini.

1. Viva




Foto: https://vivacosmetic.com/40-large_default/peeling-cream.jpg
Viva cosmetic adalah skincare paling legend di Indonesia. Jauh sebelum merek-merek lain bermunculan Viva sudah lebih dahulu mempelopori kosmetik di Indonesia. Viva, didirikan di Surabaya pada 1962.  

Sejak awal produk yang dihasilkan memang diperuntukan sebagai perawatan dan kecantikan yang sesuai untuk daerah tropis. Sampai saat ini Viva Cosmetics telah memiliki sekitar 500 varian produk kosmetik yang terdiri dari skincare dan makeup. Untuk menjangkau generasi milenial, setiap tahun Viva senantiasa meluncurkan produk baru.

Produk unggulan beberapa waktu lalu bagi kaum milenial dari Viva Cosmetic adalah Face Mist yang berasal dari air mawar. Kemudian dengan maraknya wabah COVID-19 dan tingginya permintaan aloe vera di kalangan masyarakat untuk membuat hand sanitizer, Viva juga mengeluarkan Skin Mousturizer Aloe Vera Gel. 

2. Sariayu Martha Tilaar




Foto: https://www.sariayu.com/storage/app/uploads/public/5a7/d94/55b/thumb_239_640_0_0_0_auto.jpg
Sebelum menjadi sebuah brand kecantikan, awalnya Martha Tilaar adalah sebuah salon kecantikan bernama Martha pada 1970. Kemudian produk kosmetik Martha Tilaar mulai berdiri pada 1980 di bawah naungan PT. Martina Berto.


Produk-produk skincare yang dihasilkan berasal dari jamu-jamu dan rempah-rempah Indonesia.  Beberapa di antaranya seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.

3. Mustika ratu




Foto: https://ik.imagekit.io/powerbiz/img/nKm1OoRWrdpXJV4g/product/8271548b-58d5-4b63-b10f-d2a53d27ceec/Minyak_Zaitun_175ml_-_1006000_qtfhUSRg7.png?tr=w-800,h-800,cm-pad_resize
Pada mulanya Mustika Ratu adalah usaha rumahan Mooryati Soedibyo yang menghasilkan jamu dan kosmetik pada 1975. PT Mustika Ratu mulai beroperasi pada 14 Maret 1978 dan mendapatkan reputasi yang baik sebagai pengembang produk skincare dan jamu kesehatan tradisional.

Tidak lama kemudian tepatnya tahun 1981 Mustika Ratu mendirikan pabrik di Ciracas, Jakarta Timur seiring dengan melimpahnya permintaan pasar. Saat ini Mustika Ratu telah dikenal di mancanegara. Produk perawatan kulitnya bukan hanya merawat dari luar namun juga dari dalam. Berbagai Jamu yang dapat dikonsumsi secara oral juga masih diproduksi hingga saat ini. 

4. Pond's




Foto: Istimewa
Di dunia internasional, skincare yang cukup legend adalah Pond's. Produk yang mengklaim dirinya sudah berumur lebih dari 150 tahun ini berasal dari Amerika. Berawal dari  'Golden Treasure' - teh penyembuh yang diekstrak dari witch hazel, ia menjadi cikal bakal merek perawatan kulit pertama di dunia, dan sejarah terobosan perawatan kulit yang unik.

Dalam perkembangannya, Ponds senantiasa berinovasi membuat produk-produk perawatan kulit yang sangat bermanfaat. Berbagai kandungan terdapat di dalamnya seperti VAO-B3, yang dapat meringankan bintik hitam hanya dalam 7 hari; Conjugated Linoleic Acid (CLA), anti aging aktif yang bekerja dari dalam untuk mempercepat regenerasi kulit dan memperbaikki sel kulit rusak; Dan GenActiv, terobosan inovasi warna kulit yang mengendalikan produksi melanin dari sumbernya.

5. Biore




Foto: https://kao-h.assetsadobe3.com/is/image/content/dam/sites/kaousa/www-biore-com/us/products/large/biore-blue-agave-baking-soda-whipped-nourishing-detox-mask.png?fmt=png-alpha&wid=400
Ramaja pada era 90-an pasti mengenal Biore sebagai sabun pencuci muka paling ampuh mengatasi jerawat. Biore sendiri merupakan salah satu anak produk dari PT. KAO yang memproduksi berbagai produk kebersihan dan kecantikan. Kao sendiri berdiri pada 1930 dan mulai memperlebar usaha bisnisnya ke bidang kecantikan dan kesehatan pada 1950an.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id