sign up SIGN UP

5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Tidak Mudah Berjerawat

Shinta Nikmah | Minggu, 24 Jan 2021 13:00 WIB
5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Tidak Mudah Berjerawat
caption

Tipe kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki kulit kering, normal, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Tiap jenis kulit memerlukan perawatan yang berbeda sebab kebutuhan kulit juga berbeda.

Produk perawatan kulit untuk kulit berminyak tidak sama dengan kulit kering. Kulit berminyak cenderung mudah berjerawat terlebih jika kamu salah melakukan perawatan. Nah, Beautynesia punya tips buat merawat kulit berminyak agar tidak mudah berjerawat. Simak baik-baik ya.

Mencuci Wajah Maksimal 2x Sehari

Mencuci Wajah
Mencuci Wajah 2 Kali Sehari/ Foto: freepik.com

Pemilik kulit wajah berminyak wajib mencuci wajah maksimal 2 kali sehari. Kamu bisa mencuci wajah dengan sabun di pagi hari dan melakukan double cleansing di malam hari. 

Gunakan sabun wajah yang lembut dan tidak mengandung alkohol atau parfum. Di malam hari kamu bisa melakukan double cleansing dengan terlebih dahulu menghapus kotoran dan sisa make up menggunakan micellar water atau cleansing oil. Kotoran dan sisa make up bisa menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat, jadi kamu perlu melakukan double cleansing agar kulit wajah bersih maksimal.

Gunakan Pelembap

Pelembab
Kulit Berminyak Perlu Pelembab/ Foto: freepik.com

Meskipun kulitmu berminyak sehingga terkesan lembab, kamu masih perlu menambahkan pelembab untuk merawat kulit lho. Pelembab membantu menyeimbangkan kadar air di kulit sehingga mampu mengontrol produksi minyak agar tidak berlebih.

Gunakan pelembab secara rutin di siang hari dan malam hari. Kamu bisa memilih pelembab yang memiliki tekstur gel ataupun lotion. Pastikan pelembapmu tidak mengandung oil dan tidak bersifat comedogenic ya. 

Gunakan Sunscreen

Sunscreen
Jangan Lupa Mengaplikasikan Sunscreen/ Foto: freepik.com

Penggunaan sunscreen sebenarnya wajib untuk semua tipe kulit wajah termasuk kulit berminyak. Sunscreen berfungsi untuk mencegah efek buruk sinar matahari merusak kulit sehingga membuat kulit mengalami penuaan dini.

Pada kulit berminyak, paparan sinar matahari dapat membuat komedo semakin terlihat. Maka dari itu, kamu wajib menggunakan sunscreen termasuk di dalam ruangan.

Ketika memilih sunscreen, kamu harus memerhatikan jenis dan tekstur sunscreen agar tidak membuat kulit terlihat lebih oily. Kamu bisa memilih sunscreen yang memiliki tekstur seperti lotion dan membuat hasil akhir terlihat matte.

Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi
Lakukan Eksfoliasi Seminggu 1-2 Kali/ Foto: freepik.com

Eksfoliasi penting dilakukan oleh kamu yang memiliki wajah berminyak untuk mengurangi sumbatan di pori akibat menumpuknya kotoran dan sel kulit mati. Jika dibiarkan, penyumbatan pori akibat kotoran tersebut mampu memicu timbulnya jerawat dan komedo. 

Kamu bisa melakukan eksfoliasi rutin sebanyak 1-2 kali seminggu. Eksfoliasi bisa kamu lakukan dengan melakukan scrubbing sendiri atau melakukan eksfoliasi oleh tenaga ahli di klinik kecantikan. Penggunaan eksfoliating toner menggunakan bahan aktif seperti AHA/BHA atau asam salisilat juga bisa kamu lakukan 1-2 kali seminggu.

Namun jangan berlebihan melakukan eksfoliasi ya. Kamu tidak boleh melakukan scrubbing dan mengaplikasikan eksfoliating toner dalam waktu yang bersamaan. Jika terlalu berlebihan melakukan eksfoliasi, bisa-bisa kulit mengalami iritasi lho.

Makan Makanan Sehat

makan
Konsumsi Vitamin dan Serat/ Foto: freepik.com

Kondisi kulit yang berminyak bisa semakin parah jika kamu memilih jenis makanan yang salah. Untuk mencegah produksi minyak yang semakin banyak, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan mengandung antioksidan.

Kamu bisa mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya serat dan vitamin. Makanan yang berasal dari gandum utuh juga baik untuk kulit karena kaya serat. Dan yang paling penting, jangan lupa banyak minum air putih minimal 2 liter per hari ya Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id