sign up SIGN UP

SKINCARE

5 Tips Merawat Kulit yang Benar Sebelum dan Sesudah Olahraga

Tria Oktyana | Jumat, 21 Jun 2019 03:00 WIB
5 Tips Merawat Kulit yang Benar Sebelum dan Sesudah Olahraga
caption
Olahraga bukan hanya baik untuk menjaga tubuh tetap ideal, tetapi juga untuk kesehatan tubuh dan kulit. Penelitan telah membuktikan bahwa olahraga yang teratur dapat mengurangi penuan dikulit.

Olahraga juga dipercaya dapat membuat kulit kencang dan cerah. Olahraga memang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit tapi bukan berarti kita meremehkan perawatan kulit yang dilakukan. Kesalahan dalam perawatan kulit saat berolahraga membuat permasalahan lain seperti jerawat, kulit kering dan kulit irritasi. Berikut perawatan kulit yang benar saat kamu berolahraga.


Gunakan Sunscreen


Deirdre Hooper MD, seorang dokter kulit di Audubon Dermatology New Orleans mengatakan pentingnya menggunakan SPF 30 saat berolahraga. Bukan hanya saat berada di luar ruangan, penggunaan SPF saat berada dalam ruang bercahaya juga perlu dilakukan. Saat berolahraga memungkinkan kamu berkeringat sehingga carilah sunscreen yang sweatproof untuk membantumu lebih terjaga saat berolahraga. Gunakan pada bagian wajah, leher dan tubuh yang terlihat. 


Foto: https://id.pinterest.com/galmeetsglam/

Mencuci Wajah Sebelum Berolahraga


Menggunakan makeup yang tebal saat berolahraga adalah kesalahan yang fatal. Para ahli menyarankan untuk menggunakan sunscreen tetapi tidak dengan pelembap atau makeup. Karena makeup dapat menghalangi penyerapan air pada kulit sehingga saat kamu berkeringat akan sulit untuk mereda. Hal ini juga dapat membuat pori tersumbat dan menyebabkan jerawat pada kulit. Sehingga mencuci muka sebelum berolahraga adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan agar terhindar dari masalah ini.


Foto: https://id.pinterest.com/shapemagazine/

Cuci Muka dan Mandi Setelah Berolahraga


Seperti yang kita tahu bahwa keringat merupakan tempat yang baik untuk berkembangnya bakteri. Tunggulah setelah panas tubuh mereda dan bersihkan wajah serta tubuh dari keringat. Untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit, seperti jerawat dapat membersihkan wajah menggunakan facial wash. Jangan lupa juga untuk mengganti baju dan sepatu yang telah digunakan untuk berolahraga. Untuk kamu yang berhijab ataupun menggunakan topi, disarankan untuk mengganti setelah berolahraga. 


Foto: https://id.pinterest.com/girlsinisghts/

Jangan Lupa Gunakan Sunscreen Setelah Berolahraga


Dr Hooper selalu mengatakan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen. Bukan hanya saat memulai olahraga tetapi juga setelah berolahraga. Suncreen berguna untuk  melindungi terhadap sinar UV yang dapat menurunkan kolagen.

Kolagen
adalah suatu protein dalam kulit yang membuatnya kenyal dan bebas garis penuan. Sehingga menggunakan suncreen setelah berolahraga juga penting dilakukan. Perbedaannya setelah kamu berolahraga kamu dapat menggunakan sunscreen dalam makeup, pelembap ataupun makeup lainnya yang membuat kamu terlihat cantik. 


Foto: https://id.pinterest.com/beautytreatment1/

Mendinginkan Wajah


Setelah berolahraga, kamu pasti akan berkeringat. Untuk itu lakukan pendinginan wajah, seperti mencuci wajah atau menggunakan masker dingin. Hal ini bermanfaat untuk membuat wajah beristirahat sehingga kulit menjadi lebih lembut dan cerah. 


Foto: https://id.pinterest.com/dominomag/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id