sign up SIGN UP

5 Tips Perawatan Wajah untuk Mencegah Kulit Kusam Selama Bulan Ramadan

Lulu Lukyani | Rabu, 14 Apr 2021 04:00 WIB
5 Tips Perawatan Wajah untuk Mencegah Kulit Kusam Selama Bulan Ramadan
caption
Jakarta -

Kulit yang kusam dan tidak bercahaya memang kerap membuat kita tidak percaya diri. Pasalnya, kulit jadi tampak tidak sehat dan tidak terawat.

Ada beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab kulit kusam, salah satunya adalah dehidrasi. Sebuah studi di tahun 2015 menemukan bahwa kesehatan kulit berhubungan dengan jumlah air yang dikonsumsi.

Minum air dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan hidrasi dari bawah permukaan kulit sehingga kulit kering dan kusam bisa dicegah. Di samping itu, ada beberapa cara lain yang ampuh untuk mencegah kulit kusam. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 tips mencegah kulit kusam dan kering.

1. Tidak menggunakan air hangat

Ilustrasi mencuci wajah.
Ilustrasi mencuci wajah/Freepik

Menggunakan air hangat untuk mencuci muka dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Selain itu, air hangat dapat menyebabkan pelebaran pembuluh superfisial yang dapat membuat kulit tampak kemerahan.

2. Rutin eksfoliasi

Ilustrasi menggunakan scrub.
Ilustrasi menggunakan scrub/Freepik

Pengelupasan kulit secara teratur merupakan kunci kulit sehat dan bercahaya. Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan kulit kusam, kering, dan mengelupas.

Sebaiknya, gunakan scrub atau eksfoliator dua kali dalam seminggu. Setelah eksfoliasi, gunakan pelembap agar kulit tidak kering dan sel-sel kulit baru dapat terlindungi.

3. Gunakan serum

Ilustrasi menggunakan serum.
Ilustrasi menggunakan serum/Freepik

Serum wajah mengandung bahan-bahan dengan konsentrasi tinggi yang dapat membantu mengatasi kulit kusam, meningkatkan kelembapan, dan mengurang tanda penuaan dini.

Direkomendasikan untuk menggunakan serum wajah dengan kandungan vitamin C, niacinamide, asam ferulic,  dan resveratrol. Bahan-bahan tersebut memiliki antioksidan yang kuat sehingga mampu mencegah radikal bebas.

4. Gunakan masker wajah

Ilustrasi menggunakan masker wajah.
Ilustrasi menggunakan masker wajah/Freepik

Masker wajah penting untuk memberikan kebutuhan nutrisi kulit. Menggunakan masker wajah secara rutin akan membuat kulit tampak lebih sehat dan bersinar. Carilah masker wajah yang mengandung antioksidan, asam hialuronat, shea butter, dan bahan pelembap lainnya. Gunakan masker sesuai kebutuhan dan kondisi kulitmu.

5. Maksimalkan penggunaan pelembap

Ilustrasi menggunakan krim pelembap.
Ilustrasi menggunakan krim pelembap/Freepik

Menggunakan pelembap dua kali sehari dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah masalah seperti kulit kusam dan kering. Untuk itu, produk pelembap tidak boleh dilewatkan dalam perawatan kulitmu.

Pelembap tidak hanya melindungi kulit, tetapi juga menahan air di dalam epidermis sehingga kulit tampak lebih kencang.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id