sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kecantikan

diah zaenab | Minggu, 04 Oct 2015 01:30 WIB
6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kecantikan
caption
Selama ini bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dan bermanfaat sebagi penambah cita rasa pada masakan. Namun pada kenyataannya, bawang putih juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Apa saja manfaat bawang putih bagi kecantikan?
Foto: https://manfaatnyasehat.com/manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/
Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu pula banyak jalan untuk menjadi cantik. Mulai dari perawatan dengan biaya yang mahal hingga perawatan yang bahannya biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Contonya saja seperti bawang putih. Bawang putih yang kita kenal sebagai salah satu dari bumbu masakan ini mempunyai khasiat yang menakjubkan bagi kecantikan. Bau yang menganggu dari bawang putih mungkin tidak akan seberapa jika dibandingkan dengan manfaatnya.
Berikut ini manfaat bawang putih untuk kecantikan:

3. Menghilangkan Noda Bekas Luka dan Bekas Selulit


Terkadang bekas luka membuat rasa percaya diri seseorang berkurang. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti peradangan. Sifat yang dimiliki bawang putih ini dapat menghilangkan bekas luka dan mengurangi bekas selulit di area paha, perut, dan area tubuh yang lain. Caranya tinggal mengoleskan bawang putih yang telah halus pada bagian noda luka atau bekas selulit.

4. Sangat Efektif Mengusir Jerawat


Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit yang cukup menyebalkan. Selain terasa nyeri, jerawat juga dapat mengganggu penampilan. Tetapi Minasan tidak perlu khawatir, karena bawang putih bisa kita jadikan sebagai solusi. Carany mudah, cukup haluskan satu siung bawang putih atau sesuai kebutuhan. Kemudian oleskan bawang putih yang sudah halus di atas jerawat. Mungkin akan terasa sedikit perih. Itu artinya zat yang terkandung dalam bawang putih sedang bekerja. Tahan sebentar selama beberapa menit. Setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan pengolesan pada wajah berjerawat sampai jerawat hilang dari wajah. Untuk hasil yang maksimal, lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari.

5. Melawan Penuaan Atau Anti-Aging


Tanda-tanda penuaan memang cukup menganggu penampilan dan membuat sebagian orang merasa kurang percaya diri. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, salah pilih produk kosmetik, atau terlalu banyak pemakaian zat kimia pada wajah, dll. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk melawan tanda-tanda penuaan ini dengan berbagai macam cara. Bawang putih dapat kita jadikan solusi untuk masalah ini. Produk kecantikan buatan sendiri ini sangat efektif untuk membantu menyingkirkan garis-garis halus di wajah.
Cara pertama, tambahkan beberapa tetes perasan bawang putih pada paket kecantikan wajah yang kita miliki, dan lihat hasilnya. Cara kedua, gunakan sebagai masker dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih lalu oleskan merata pada wajah. Lakukan satu minggu sekali.

6. Mengatasi Kerontokan Pada Rambut


Bawang putih juga dipercaya untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut, karena senyawa anti bakteri yang terkandung didalamnya. Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih kemudian beri sedikit minyak zaitun. Sebelum tidur, oleskan racikan bawang putih tersebut pada kulit kepala sambil diberi pijatan halus. Lakukan hal ini sampai rambut tumbuh dan kerontokan berkurang.
Itulah manfaat bawang putih bagi kecantikan. Cantik tidak perlu mahal, kan? Dengan sedikit usaha kita dapat memiliki kecantikan yang didambakan tanpa harus menghambur-hamburkan banyak uang. Selain bermanfaat bagi kecantikan, bawang putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita, lho. Untuk yang satu ini akan kita bahas di artikel yang berikutnya, ya. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id