sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Tahu

tyana | Sabtu, 27 Mar 2021 08:30 WIB
6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Tahu
caption

Retinol menjadi kandungan yang banyak disukai sekarang ini. Kandungan turunan dari vitamin A ini juga dianggap kandungan "dewa" karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Mulai dari anti aging, menghaluskan kulit, mengatasi jerawat hingga menghilangkan flek hitam merupakan manfaat setelah menggunakan kandungan skincare ini. Hal ini dikarenakan retinol merupakan antioksidan yang dapat melawan radikal bebes dan bekerja dengan cara merangsang regenarasi kulit serta meningkatkan produksi kolagen. 

Dari banyaknya manfaat retinol, ada beberapa mitos yang salah yang berkembang sehingga membuat tak sedikit orang enggan menggunakan retinol. Berikut beberapa mitos dan fakta tentang retinol di bawah ini. 

1. Semakin Banyak Menggunakan Takaran Retinol Semakin Baik

6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Penggunaan Retinol/Freepik.com

Fakta atau mitos, semakin kamu menggunakan takaran produk yang menggunakan retinol maka manfaat yang akan kamu dapatkan akan semakin banyak. Ladies, setiap produk skincare memiliki cara penggunaanya sendiri.

Terlalu banyak menggunakan produk dengan kandungan retinol ternyata tak akan menambah manfaat dari kandungan itu sendiri, malahan dapat membuat wajah iritasi ataupun beruntus. Untuk itu gunakan produk skincare sesuai dengan cara penggunaan yang biasanya telah terdapat pada bagian kemasan. 

2. Retinol Tidak Dapat Digunakan Bersamaan dengan AHA BHA

6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Penggunaan Retinol/Freepik.com

Retinol terkenal menjadi produk yang cukup keras sehingga banyak orang lebih berhati-hati saat ingin layering dengan kandungan skincare lainnya, salah satunya adalah kandungan AHA dan BHA.

AHA dan BHA merupakan kandungan skincare yang berbahan acid yang sering terdapat pada produk eksfoliasi karena dapat meningkatkan regenerasi kulit. Jadi banyak orang enggan menggabungkan kedua kandungan ini karena dipercaya dapat membahayakan kulit.

Ladies, AHA dan BHA bekerja dalam mengangkat sel kulit mati pada bagian terluar kulit, berbeda dengan retinol yang bekerja dari lapisan kulit lebih dalam. Oleh karena itu penggabungan kedua jenis kandungan ini tak berbahaya untuk kulit, tetapi apabila kandungan retinol maupun AHA dan BHA terlalu tinggi dalam suatu produk maka tingkat risiko iritasi akan semakin tinggi. Tak hanya itu cara penggunaan yang salah dari kedua produk ini juga dapat menyebabkan permasalahan kulit. 

3. Tidak Perlu SPF saat Penggunaan Retinol

6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Penggunaan Retinol/Freepik.com

Ladies, banyak produk yang mengandung retinol disarankan untuk digunakan pada malam hari, tetapi hal ini tak menegaskan kalau retinol hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Tak hanya itu saat penggunaan retinol pada malam hari bukan berarti kamu melupakan SPF pada siang hari.

Kita tetap perlu menggunakan SPF untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Kulit yang sedang beradaptasi dengan retinol juga membutuhkan ekstrak perlindungan dari bahaya sinar matahari. Oleh karena itu ini mitos iya Ladies, jangan lupa untuk tetap menggunakan produk yang mengandung SPF. 

4. Retinol Harus Digunakan Malam Hari

6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Penggunaan Retinol/Freepik.com

Banyak orang yang percaya bahwa retinol dapat berbahaya apabila digunakan siang hari sehingga penggunaanya harus malam hari. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan skincare ini dapat digunakan malam ataupun siang tetapi memang lebih disarankan digunakan pada malam hari. Hal ini dikarenakan retinol bereaksi dengan sinar matahari yang menyebabkan kandungan ini berkurang keefektifannya tetapi bukan berarti berbahaya ya.

5. Jangan Gunakan Retinol Pada Sekitar Mata

6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi Penggunaan Retinol/Freepik.com

Kulit sekitar mata merupakan bagian yang sangat sensitif sehingga perlu berhati-hati menggunakan kandungan skincare tertentu. Retinol merupakan salah satu kandungan skincare yang dianggap berbahaya untuk daerah ini karena dapat menyebabkan iritasi.

Pernyataan tentang retinol ini ternyata hanya mitos aja nih, Ladies. Retinol memiliki banyak manfaat lho untuk kecantikan kulit sekitar mata salah satunya adalah mengencangkan bagian sekitar mata dan menyamarkan garis-garis halus.

6. Retinol Hanya Dapat Digunakan Selama 6 Bulan

6 Mitos dan Fakta Penggunaan Retinol yang Perlu Kamu Ketahui
n

Banyak orang membuang produk yang mengandung retinol setelah 6 bulan pemakaian. Hal ini dikarenakan retinol dianggap tidak memberikan efek lebih setelah penggunaan 6 bulan. Anggapan ini tak sepenuhnya salah tetapi juga bukan fakta juga.

Efek retinol akan mulai terlihat setelah 6-12 minggu pemakaian dan setelah 6 bulan kulit akan kebal dengan kandungan ini tetapi hal ini bukan berarti produk skincare yang mengandung retinol harus kamu buang. Kamu dapat tetap mendapatkan manfaat retinol dengan meningkatkan kandungan dalam produk skincare tersebut. Oleh karena itu apabila kamu baru mulai mencoba kandungan skincare mulailah dengan menggunakanya satu minggu sekali.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id