sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Panduan Cek Skincare Asli atau Palsu, yuk Bedakan!

Izzul Millati Umami | Senin, 09 Nov 2020 11:00 WIB
6 Panduan Cek Skincare Asli atau Palsu, yuk Bedakan!
caption
Jakarta -

Ladies, wanita akan berlomba-lomba untuk mempercantik diri dan merawat kesehatan kulitnya. Salah satu cara yang dilakukan untuk merawat kulit adalah dengan menggunakan skincare.

Bahkan, tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan skincare terbaik. Karena banyaknya peminat skincare ini, banyak pula oknum-oknum tak bertanggungjawab yang memalsukan skincare demi meraup keuntungan.

Tentu, hal ini cukup mengkhawatirkan karena penggunaan skincare palsu bisa memperparah masalah kulit seperti iritasi, gatal-gatal, rasa perih, hingga melepuh. Lantas, bagaimana cara mengetahui produk skincare asli atau palsu? Berikut cara mengecek skincare asli atau palsu:

Kenali Produk Skincare

produk skincare
produk skincare/sumber:pixabay.com

Ladies, sebelum membeli skincare, jangan lupa untuk mengenali produk yang akan dibeli. Perhatikan penulisan nama produk hingga bagian kemasannya. Skincare palsu bisasanya kemasannya asal-asalan alias lebih kusam.

Nah, setelah mengenali skincare, bandingkan dengan dengan website aslinya. Jika berbeda, maka dipastikan produk yang dijual adalah palsu.

Camtumkan Kode Ijin dan Tanggal Kadaluarsa

izin skincare
izin skincare/sumber:pixabay.com

Skincare asli pasti memiliki kode ijin dan tanggal kadaluarsa. Nah, untuk mengeceknya ladies bisa mengunjungi website Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Yups, dengan adanya ijin edar dari BPOM setidaknya kamu bisa memastikan bahwa produk yang dibeli aman.

Harga Terlampau Murah

harga murah
harga murah/sumber:pixabay.com

Ladies, jangan mudah tergiur membeli skincare dengan harga terlampau murah. Mengapa? Harga skincare yang terlampau murah patut dicurigai karena harga skincare branded pasti takkan menjual produknya jauh dari harga normal. Meski terkadang ada diskon, pasti harga yang dibanderol tak jauh dari harga aslinya.

Cek Identitas Penjual

cek identitas
cek identitas/sumber:pixabay.com

Pembelian skincare sudah banyak yang beralih ke toko online. namun, ladies tetap harus waspada dengan toko online yang menjual produk skincare abal-abal alias palsu. Pastikan si penjual adalah agen distributor resmi agar terhindar dari skincare palsu.

Perhatikan Testimoni Konsumen

Telitilah sebelum membeli. Yups, ladies perlu memastikan produk skincare benar-benar asli adalah dengan membaca testimoni dari pembeli. Jika banyak yang komplain seperti tekstur terlalu cair, packaging asal-asalan dan lain-lain, maka bisa dipastikan bahwa produk skincare yang dijual adalah palsu.

Cek Keaslian dengan Aplikasi Hidden Tag

aplikasi skincare
aplikasi skincare/sumber:pixabay.com

Kini mengecek keaslian skincare bisa melalui aplikasi di smartphone, loh. Namanya adalah HiddenTag. Aplikasi ini menawarkan solusi verifikasi keaslian produk. Cukup dengan men-download aplikasi dan melakukan pengecekan dengan cara memasukkan barcode, ladies sudah bisa mengetahui hasil keaslian produk skincare. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id