sign up SIGN UP

SKINCARE

6 Tips Mengatasi Iritasi Kulit Akibat Menggunakan Masker

Putri Arya | Minggu, 31 May 2020 08:00 WIB
6 Tips Mengatasi Iritasi Kulit Akibat Menggunakan Masker
caption
Selain physical distancing dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), menggunakan masker jadi cara tepat untuk memperlambat penyebaran virus Covid-19. Usai langkanya masker medis di pasaran, saat ini beredar masker non-medis atau masker kain yang bisa dicuci dan dipakai lagi.

Di sisi lain, menggunakan masker setiap hari akan berdampak pada kulit wajah ya, Beautynesian. Memakai masker dalam jangka waktu yang lama atau selama kita beraktivitas dapat membuat kulit iritasi, breakouts hingga berjerawat.

Agar tak muncul breakouts dan jerawat, berikut 6 tips mengatasi iritasi kulit dari 2 skin expert seperti dilansir dari Popsugar:


1. Cuci dan Bersihkan Wajah Setiap Kali Kamu Melepas Masker




Foto: https://www.freepik.com/

Breakouts dapat terjadi saat bakteri ditransfer dari tanganmu ke wajah, hal ini juga berlaku pada masker. Itu sebabnya kamu harus membersihkan wajah setelah melepas masker, terlebih jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat.
 
“Cobalah untuk menjaga kebersihan wajahmu di siang hari. Meskipun tak terlihat kotor, memakai masker akan meningkatkan risiko iritasi dan produksi sebum,’ kata Claire O'Bryan, pakar kulit di The Skin Clique.
 
Jika tak memungkinkan mencuci wajahmu sesering mungkin, kamu bisa gunakan tisu basah khusus wajah atau facial cleansing wipes.


2. Di-pat, Jangan Digosok Saat Kulitmu Kering




Foto: https://image.freepik.com

Ahli dermatologi, dr. Harold Lancer, MD menyarankan untuk mengeringkan wajah dengan cara di-pat, jangan digosok. Menggosok wajah setelah mencucinya hanya akan menyebabkan iritasi khususnya pada kulit sensitif.



3. Hindari Memakai Makeup Jika Memungkinkan




Foto: https://image.freepik.com/

Untuk menurunkan risiko iritasi, jagalah kulit wajahmu sebersih mungkin. Termasuk dengan menghindari makeup saat memakai masker jika memungkinkan ya, beautynesian.


4. Ganti atau Rutin Mencuci Maskermu




Foto: https://pexels.com/

Jika kamu memakai masker kain, ganti dan cucilah masker secara rutin. “Lepas masker setiap satu atau dua jam sekali selama satu hingga dua menit agar kulit seimbang dengan suhu dan kelembaban area permukaan wajah lainnya. Kamu bisa menggunakan kembali masker, tapi pastikan maskermu tetap bersih,” kata dr Lancer.


5. Eksfoliasi Lembut Wajah untuk Mencegah Breakouts




Foto: https://www.freepik.com

“Secara umum, cleansing, toning dan exfoliating dapat membantumu mencegah breakouts.” Kata O’Bryan. Eksfoliasi wajah secara rutin dengan produk-produk yang mengandung asam glikolat dan asam salisilat untuk menjaga kebersihan wajah. Gunakan produk dengan kandungan benzoyl peroxide atau sulfur untuk mengatasi breakouts.


6. Terapkan Healing Ointments untuk Mengobati Iritasi




Foto: https://pexels.com/

Setelah membersihkan wajah, pastikan kelembapan kulitmu tetap terjaga dengan memakai pelembap yang ringan. “Kandungan hyaluronic acid dalam pelembap dapat membantumu. Terkadang salep antibakteri tiga kali lipat seperti Neosporin dapat diterapkan, jika perlu, ke area wajah yang teriritasi,” kata dr. Lancer.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id